Sexuality
Adult
+1

Penyebab Perut Kram Usai Orgasme

January 16, 2022 | Aqiyu

pertu kram

Berhubungan seksual akan lebih nikmat dan menyenangkan saat kedua pasangan mencapai klimaks. Namun, klimaks yang dirasakan oleh wanita tidak jarang menyakitkan. Ada beberapa kasus wanita yang mengalami perut kram usai orgasme.

Kondisi perut kram setelah orgasme disebut juga dengan disorgasmia. Biasanya kondisi ini dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya karena saat orgasme, otot disekitar panggul akan mengalami kontraksi. Sehingga dinding vagina bisa ikut terasa berdenyut. Hal inilah yang menyebabkan kram otot dan memicu nyeri pada perut. Selain itu, disorgasmia bisa terjadi karena kondisi fisik, emosional, mental dan psikologi.

Disorgasmia pada ibu hamil tidak perlu dikhawatirkan, ini adalah normal jika terjadinya hanya sesekali dan intensitasnya ringan. Lalu apakah normal terjadi pada wanita tidak hamil? Ya, hal ini berlaku pada wanita yang tidak hamil. Namun, bila kram perut usai orgasme ini selalu terjadi dan mengganggu kenyamanan sebaiknya periksakan segera kondisi Anda.

YesDok Ads

Hal yang dikhawatirkan, bisa jadi disorgasmia adalah salah satu tanda masalah kesehatan pada rahim, kandung kemih atau bagian lain sekitar pinggul. Bagi ibu hamil, juga bisa menjadi indikasi persalinan prematur. Sebagai langkah pertolongan awal, bila disorgasmia terjadi Anda bisa mengompres bagian perut yang kram dengan air hangat suam-suam kuku. Atau bila nyeri belum juga mereda Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol sesuai dengan anjuran dokter.

Sebenarnya disorgasmia juga bisa dialami oleh pria. Istilah ini kadang-kadang digunakan secara bergantian dengan ejakulasi yang menyakitkan ketika dialami oleh pria. Tetapi nyeri ejakulasi hanyalah subtipe dari disorgasmia pria. Karena pria dapat mengalami nyeri tanpa ejakulasi. Nah, jangan panik dulu karena disorgasmia ternyata bisa disembuhkan. Setelah sembuh Anda dan pasangan dapat kembali menikmati hubungan seksual dan orgasme yang normal.

(Foto: the healthy)

YesDok Ads