Penyebab Pertumbuhan Rambut yang Berlebih Pada Wanita

September 10, 2021 | Kaifia

Waxing

Setiap wanita pasti memiliki rambut di area tubuh mereka tertentu, namun mungkin lebih terlihat di beberapa area daripada yang lainnya.

Kondisi ini juga bisa dikenal dengan hirsutisme atau pertumbuhan rambut yang tebal pada wanita yang umumnya tumbuh pada bagian tubuh pria.

Pengobatan untuk mengatasi kondisi ini dimulai dari diagnosis atau dokter menentukan apakah pertumbuhan rambut tersebut disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya atau faktor alasan lain.

Dalam kebanyakan kasus, seorang wanita dapat merasa terbantu dengan menggunakan krim cukur, waxing atau hair removal.

Gejala hirsutisme

Rambut yang berlebih akan cenderung tumbuh di area seperti berikut

YesDok Ads

  • Wajah
  • Dada
  • Perut bagian bawah
  • Paha dalam

Salah satu pemicunya dapat disebabkan oleh hormon. Hormon tersebut dikenal dengan androgen dan menjadikannya alasan utama tumbuh rambut. Dokter menyebut androgen sebagai hormon pria, meskipun pria dan wanita dapat memproduksinya.

Ketika tubuh wanita memproduksi hormon androgen secara berlebih, hal tersebut dapat mengembangkan lebih banyak rambut tubuh daripada umumnya.

Berbagai kondisi medis dapat menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak androgen. Selain pertumbuhan rambut yang berlebih, beberapa hal lainnya juga bisa terjadi seperti payudara yang kecil, jerawat dan suara dalam atau deep voice

Sulit untuk menentukan apa yang dianggap sebagai rambut tubuh yang berlebihan. Umumnya, wanita memiliki rambut halus di sekujur tubuh, termasuk wajah. Banyak wanita yang juga memperhatikan adanya pertumbuhan rambut ekstra pada dada, wajah (janggut) atau dada.

Pengobatan 

Berbagai cara pengobatan alami dapat Anda terapkan untuk mengatasi kondisi ini

  • Perubahan diet, bagi wanita dengan resistensi insulin, mengurangi asupan karbohidrat dan gula dapat membantu
  • Penurunan berat badan, apabila Anda kegemukan dan melakukan cara untuk menurunkannya, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit hormon pria
  • Waxing, cara cepat untuk menghilangkan banyak rambut yang tidak diinginkan yaitu dengan melakukan waxing.
  • Krim, krim seperti depilatori bisa Anda gunakan untuk menghilangkan rambut sampai ke akarnya. Anda dapat mengoleskannya beberapa saat, lalu menyekanya.
YesDok Ads