Penyebab Nyeri Pinggang Di Pagi Hari

March 25, 2021 | Kaifia

Sakit pinggang di pagi hari.

Sakit pinggang belakang adalah satu keluhan yang umum terjadi. Ketika seseorang bangun dengan pinggang area belakang yang terasa nyeri, kondisi tersebut biasanya mengindikasikan cara tidur mereka yang salah.

Hal ini dapat mengganggu aktivitas keseharian. Nyeri ini disebabkan oleh rasa kaku dari waktu istirahat yang terlalu lama. Setelah seseorang kembali banyak bergerak, umumnya gejala akan mulai mereda.

Penyebab

Posisi tidur yang salah 

Posisi tidur yang salah di malam hari bisa menyebabkan sakit pinggang di pagi harinya. Oleh karena itu pentingnya memperbaiki posisi tidur yang tidak tepat.

Beberapa posisi tidur seperti tengkurap mampu memberi tekanan pada bagian tulang pinggang.

Dokter akan menganjurkan Anda untuk tidur miring atau telentang dengan bantal dibawah lutut. 

Matras yang tidak mendukung kenyamanan

YesDok Ads

Pilihan matras juga penting dalam menopang tubuh seseorang saat tidur dan memberikan kenyamanan saat tidur.

Kualitas matras yang baik diperlukan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dan meminimalisir nyeri sakit pinggang saat bangun tidur di pagi hari.

Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah penyakit yang membuat penderita mengalami kesakitan dan kaku pada bagian otot yang menjalar ke sekujur tubuh.

Nyeri pinggang di pagi hari merupakan gejala yang umum dialami oleh penderita fibromyalgia.

Hingga saat ini, fibromyalgia belum memiliki pengobatan untuk mengatasi kondisi tersebut dengan sepenuhnya. Dokter akan merekomendasikan terapi dan konseling untuk membantu mengendalikan gejala-gejala fibromyalgia. 

Stretching dan banyak bergerak setelah bangun tidur bisa mengatasi sakit pinggang dalam kasus yang terkategorikan ringan. Ketika rasa sakit terasa intens, pengobatan medis seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID)  dapat meredakan ketidaknyamanan.

YesDok Ads