0 Point
urat biru payudara

Penyebab Munculnya Urat Biru Di Payudara

Payudara merupakan bagian penting bagi wanita. Segala perubahan yang terjadi pada payudara harus selalu diperhatikan. Seperti munculnya urat biru pada payudara yang harus terkadang mengkhawatirkan. Karena munculnya urat biru pada payudara ini tidak biasa terjadi. Sehingga apakah perlu diwaspadai atau tidak. Untuk itu, Anda harus mengetahui penyebab munculnya urat biru pada payudara sebagai berikut:

Kehamilan

Selama kehamilan ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Salah satu perubahan fisik yang berubah adalah bagian payudara. Perubahan tersebut meliputi perubahan ukuran, menjadi lebih berat, puting dan areola membesar bahkan semakin gelap serta munculnya urat-urat biru halus. Munculnya urat biru pada payudara merupakan tanda meningkatnya aliran darah ke payudara. Hal ini normal terjadi selama masa kehamilan.

Menyusui

Kemungkinan besar urat biru yang muncul pada payudara merupakan perubahan alami payudara dalam mempersiapkan produksi ASI untuk menyusui. Selama hamil dan menyusui volume darah akan meningkat sekitar 20-40%. Hal ini untuk menyuplai darah serta nutrisi.

Mondor disease

Mondor disease mungkin masih terdengar asing ditelinga Anda. Mondor disease merupakan penyakit vena langka yang menyebabkan peradangan pada vena di permukaan dada. Mondor disease bisa menimbulkan rasa nyeri pada dada dan dianggap berbahaya bagi ibu menyusui. Mondor disease ini ditandai dengan pembengkakan pembuluh darah dan peningkatan visibilitas. Biasanya, mondor disease ini akan hilang dengan sendirinya. 

Varises

Varises atau spider veins bisa muncul dibagian tubuh selain tangan dan kaki. Mungkin jarang yang mengetahui jika varises bisa muncul di payudara dan membuat munculnya urat biru. Varises ini biasanya muncul Ketika katup pembuluh darah melemah dan menyebabkan darah menggenang di pembuluh. Sehingga pembuluh darah membengkak dna jika semakin parah maka varises akan terlihat seperti memar.

Kanker payudara

Urat biru yang muncul pada payudara juga harus diwaspadai karena bisa saja kanker payudara. Jenis kanker yang terlihat di kulit luar payudara adalah kanker payudara inflamasi. Gejalanya meliputi perubahan bentuk dan ukuran payudara, teksturnya seperti kulit jeruk, terjadi peradangan, kulit terasa panas saat disentuh, serta perubahan pada pembuluh darah.

(Foto: tech explorist)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok