0 Point
Sensasi using

Penyebab Munculnya Sensasi Pusing Saat Datang Bulan

Sensasi pusing yang muncul saat datang bulan bukanlah gejala siklus menstruasi yang umum terjadi. Kondisi ini mungkin bisa mengindikasikan masalah yang mendasar, seperti anemia dan pendarahan yang hebat.

Ketika seseorang sedang alami kondisi ini, perlu diingat bahwa hal ini tidak selalu menjadi penyebab kekhawatiran. Namun, sangat penting untuk berbicara dengan dokter agar menentukan diagnosis yang tepat. 

Penyebab

Kehilangan darah 

Pendarahan menstruasi yang berat atau dikenal dengan menoragia, bisa memicu kondisi anemia. Anemia dapat terjadi ketika sel darah merah tidak bisa membawa oksigen yang cukup ke seluruh tubuh. 

Pendarahan berat juga bisa menyebabkan seseorang merasa pusing. Jika Anda merasa pusing dan kehilangan darah secara signifikan lebih banyak dari biasanya, penting untuk mendapatkan bantuan medis. 

Dehidrasi

Hormon bisa memengaruhi tingkat hidrasi Anda serta perubahannya selama menstruasi dapat membuat Anda lebih cenderung alami dehidrasi. Hal ini dapat membuat Anda merasa pusing.

Prostaglandin

Prostaglandin merupakan hormon yang membantu mengatur banyak proses tubuh, termasuk siklus menstruasi Anda. 

Prostaglandin yang berlebihan bisa menyebabkan kram Anda menjadi lebih buruk dari biasanya karena hal tersebut dapat mengontraksikan otot-otot di dalam rahim. Beberapa prostaglandin juga bisa menyempitkan pembuluh darah di seluruh tubuh yang bisa memicu sakit kepala dan sensasi pusing.

Pengobatan rumahan

Berikut adalah beberapa pengobatan rumahan untuk penyebab yang mendasarinya

  • Mengatur pola makan dan gaya hidup seperti mengurangi asupan kafein dan alkohol
  • Minum lebih banyak air
  • Mengurangi kadar stres

Apabila seseorang terus menerus alami sensasi pusing selama masa datang bulan dan tidak kian membaik seiring waktu berjalan, penting untuk memeriksakan diri ke dokter. 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok