Sexuality
Adult
+1

Penyebab Morning Glory Pada Pria

September 27, 2020 | Aqiyu

morning glory

Pria dapat ereksi saat terangsang oleh sesuatu. Namun penis yang ereksi ternyata juga bisa terjadi pada pria saat bangun tidur di pagi hari, loh. Fenomena ini disebut dengan morning glory atau morning wood.

Dalam dunia medis, fenomena ini disebut dengan Nocturnal Penile Tumescence (NPT). NPT adalah ereksi secara spontan pada saat tidur atau bangun tidur. Biasanya pria muda yang mengalami penis ereksi di pagi hari. Menurut Joseph Alukal, M.D, asisten profesor Uroloi dan Obstetrics dan Ginekologi di NYU Langone Medial Center, mengatakan bahwa pria berusia 60-70 tahun keatas tidak lagi merasakan ereksi di pagi hari.

Lalu apakah morning glory normal terjadi pada pria? Berikut penyebab morning glory pada pria:

Hormon pagi hari

salah satu alasan kenapa penis ereksi saat bangun tidur adalah hormon testosteron mencapai puncak tertinggi di pagi hari. Hormon testosteron pada seseorang biasanya akan menurun diusia 40-50 tahun. Hal ini yang membuat morning glory perlahan akan menurun atau jarang terjadi diusia senja.

Menahan kencing dan stimulasi yang tidak disadari

YesDok Ads

Nocturnal Penile Tumescence (NPT) bisa disebabkan oleh menahan kencing di malam hari dan terkait stimulasi fisik dari gerakan bawah alam sadar di daerah kemaluan.

Rapid eye movement (REM)

Saat tahap tidur REM, otak akan melepaskan sedikit hormon ini dan memungkinkan peningkatan ereksi pada penis. Serta saat tahapan tidur ini, aloiiran darah juga meningkat dan mengalirkan ke penis. Ereksi jarang terjadi pada malam hari, karena itulah penis akan menegak saat pagi hari.

Menurut Tobias Kohler, M.D., M.P.H., profesor dan direktur program residensi divisi urologi di Southern Illinois University’s School of Medicine mengatakan bahwa ereksi yang konsisten terjadi di pagi hari atau saat tidur adalah hal yang baik bagi kesehatan. Malah jika Anda tidak pernah mengalami ereksi malam hari itu menandakan aliran darah ke area penis tidak lancar atau terganggu.

(Foto:breathe right)

YesDok Ads