Penyebab Mental Block dan Cara untuk Mengatasinya

October 25, 2022 | Helmi

mental block

Mental block adalah hambatan psikologis atau hambatan mental yang membatasi pola pikir dan mencegah Anda menyelesaikan tugas-tugas penting serta mencapai kesuksesan. Mental block adalah penghalang tak terlihat yang menghalangi produktivitas Anda.

Mental block biasanya terjadi ketika kita terjebak oleh proses berpikir. Jika dibiarkan, mental block dapat memiliki efek jangka panjang, menyebabkan kelelahan dan bahkan dapat memengaruhi ketahanan fisik Anda di masa depan.

Penyebab

Kelelahan mental: Harus membuat terlalu banyak keputusan dalam waktu singkat bisa melelahkan, yang mengarah ke hambatan mental.

Kurang tidur: Kurang tidur membuat Anda rentan terhadap masalah mental blok.

Gizi buruk: Gizi buruk menyebabkan mental block. Misalnya, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan depresi dan kehilangan memori yang mengarah ke blok mental.

Obat: Mental block dapat terjadi sebagai efek samping dari obat resep.

Lingkungan kerja yang berantakan: Lingkungan kerja yang berantakan atau kacau dapat membuat sulit untuk masuk ke dalam kerangka pikiran yang produktif.

Perfeksionisme: Perfeksionisme dapat menyebabkan penundaan, keraguan diri, dan hambatan mental.

Pesimisme: Pandangan negatif menyebabkan hambatan mental. Jika Anda yakin bahwa Anda tidak memiliki peluang untuk sukses, Anda mungkin menjadi tidak termotivasi.

Cara mengatasi mental block

Jika Anda menghadapi hambatan mental, ada banyak cara untuk meningkatkan fokus dan hasil Anda. Berikut ini sejumlah cara mengatasi mental block.

Istirahat

Hal terbaik berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah istirahat. Cobalah beberapa aktivitas yang tidak terlalu menghabiskan energi dan menyenangkan. Istirahat membantu untuk mengatur ulang pikiran Anda.

Dapatkan perspektif yang berbeda

Sering kali, hambatan mental disebabkan oleh kondisi Anda terjebak dalam pemikiran Anda tentang suatu masalah. Mengekspos diri Anda pada ide-ide baru memberi Anda perspektif dan solusi berbeda. Cobalah membaca artikel, berbicara dengan orang lain, atau melakukan riset online. 

Mengurangi stres

Hindari aktivitas atau pekerjaan yang membuat Anda stres. Jauhkan sejenak aktivitas tersebut agar Anda bisa mengurangi stres. Dengan stres yang berkurang, Anda bisa berpikir lebih jernih dan menghindari mental block.

Gunakan ketakutan Anda secara positif

Jika Anda yakin Anda akan gagal bahkan sebelum memulai sesuatu, Anda mungkin berlaku tidak adil terhadap diri Anda. Manfaatkan ketakutan Anda untuk mempersiapkan berbagai hal dengan teliti, agar sesuatu yang Anda kerjakan dapat memberikan hasil yang positif.

YesDok Ads