Penyebab Menggigil Usai Melahirkan

June 14, 2020 | Aqiyu

Melahirkan

Efek samping dari usai melahirkan berbeda pada tiap wanita. Namun menggigil, gemetaran hingga tremor kerap kali dirasakan ibu baik yang melewati proses persalinan normal maupun operasi caesar. Jadi jangan heran bila Anda mengalami gemetar hebat pasca melahirkan.

Bahkan beberapa ibu mengalami menggigil tersebut saat masih dalam proses persalinan berlangsung. Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa 22 dsri 50 ibu atau sekitar 44% mengalami pospartum shivering atau menggigil setelah melahirkan. Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab ibu menggigil pasca melahirkan. Tetapi ada beberapa dugaan terkait dengan hal tersebut, seperti:

  • Munculnya hormon oksitosin dalam jumlah besar yang disertai oleh hormon stres dan temperatur ruangan bersalin yang cukup dingin. Sehingga bisa menimbulkan reaksi kejut pada ibu pasca melahirkan.
  • Setelah ibu berjuang untuk mengeluarkan bayi dari rahim, tubuh akan kembali mengatur temperatur seperti semula. Hal ini bisa membuat Anda menggigil usai melahirkan.
  • Adanya ketidakcocokan darah ibu dengan bayi. Saat persalinan berlangsung, mungkin ada sedikit darah bayi yang masuk ke aliran darah ibu dan memicu rasa dingin.
  • Terjadi kontak dengan air ketuban. Hal ini biasa terjadi jika melahirkan melalui proses operasi caesar.
  • Adanya infeksi. Guna mengatasi infeksi yang terjadi pasca melahirkan, tubuh akan berusaha mendinginkan diri sendiri sehingga menimbulkan menggigil yang hebat.
  • Efek menggigil yang dirasakan pasca melahirkan juga bisa disebabkan oleh cairan infus yang lebih dingin dari suhu tubuh normal manusia. Sehingga bisa memengaruhi regulasi temperatur internal.
  • Kehilangan banyak darah setelah melahirkan juga bisa menyebabkan ibu menggigil. Karena saat Anda kehilangan banyak darah, maka sirkulasi sistemikmu akan mengalami penurunan.

Cara mengatasinya, Anda cukup mengikuti apa yang tubuh Anda rasakan pasca melahirkan. Bila Anda merasakan menggigil, sebaiknya jangan dilawan dan biarkan tubuh Anda rileks. Lantas perlukah khawatir dengan menggigil ini?

YesDok Ads

Seperti dilansir health.clevelandclinic.org, menggigil ini adalah kondisi alami yang tidak perlu dikhawatirkan jika menggigil yang Anda rasakan seperti pergi keluar ke tempat dingin dan menggigil hingga menggeretakkan gigi. Namun bila Anda menggigil seperti saat mengalami flu atau pilek, ibu bisa menandakan bahwa tubuh Anda mengalami demaam yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi pasca melahirkan.

(Foto: health essensials – cleveland clinic) 

YesDok Ads