0 Point
wanita dikuculkan karena kulit telinga  kering

Penyebab Kulit Telinga Kering dan Pengobatannya

Telinga yang kering memiliki banyak sebab. Terlalu sering membersihkan telinga juga dapat berkontribusi pada gejala ini. Telinga kering juga dapat dikaitkan dengan alergi kulit, dan kondisi kulit kering lainnya seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis. 

Beberapa orang mungkin khawatir mereka mengalami kulit kering di dekat area telinga. Namun, jika ketidaknyamanan tersebut diiringi dengan rasa gatal, hal itu dapat memperburuk gejala.

Penyebab 

Telinga kering dapat disebabkan oleh kondisi kulit kering yang juga memengaruhi area tubuh lainnya. Ini termasuk

  • Eksim

Ini bisa terjadi di saluran telinga dan bisa sangat menjengkelkan. Jika ada di telinga, kemungkinan akan memengaruhi hidung dan kulit kepala juga. Gejala mulai dari kulit yang kering dan berkembang menjadi kulit terkelupas, pegal, atau infeksi pada telinga bagian dalam dan luar.

  • Psoriasis

Psoriasis menyebabkan penumpukan sel-sel kulit pada telinga Anda atau pada area lain dari tubuh Anda.

  • Dermatitis

Dermatitis adalah peradangan pada kulit. Dermatitis dapat diakibatkan oleh reaksi alergi dan biasanya penyebabnya tidak diketahui.

Pengobatan

Menemukan pilihan yang cocok untuk pengobatan telinga, tergantung pada penyebab gejala tersebut. 

Melembabkan kulit

Moisturizer dapat meringankan gejala telinga kering. Anda bisa memilih antara losion, krim atau obat salep.

Hindari alergen

Misalnya jika Anda alergi terhadap nikel pada perhiasan, berhentilah mengenakan perhiasan dan biarkan telinga Anda sembuh. Saat sudah sembuh, beralihlah ke bahan perhiasan yang terbuat dari bahan yang berbeda.

Menggunakan pelembab ruangan 

Pelembab ruangan mungkin bermanfaat bagi orang yang cenderung mengalami telinga kering, terutama jika Anda hidup di iklim yang lebih kering.

Obat bebas 

Anda mungkin ingin mencoba krim atau obat bebas atau obat OTC (Over The Counter) yang mengandung asam laktat dan urea. Produk tersebut sangat membantu jika kulit Anda sangat kering atau bersisik.

(Foto: freepik)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok