0 Point
Kerontokan rambut.

Penyebab Kerontokan Rambut Pada Anak

Banyak orang dewasa yang seiring waktu mengalami kerontokan rambut, tetapi kerontokan rambut yang terjadi pada anak-anak bisa menyebabkan kekhawatiran terutama apabila mereka tidak nyaman dengan berambut tipis.

Rambut rontok yang terjadi pada anak-anak dapat memiliki pola yang berbeda dengan rambut rontok orang dewasa. 

Bagi sebagian besar anak berusia 26 bulan atau lebih mengalami kerontokan rambut. Dokter harus dapat mendiagnosis kondisi ini dan meresepkan perawatan yang tepat.

Penyebab

Cedera pada kulit kepala

Cedera yang terjadi pada kulit kepala seperti luka bakar atau pukulan yang keras mengenai kepala, dapat merusak folikel rambut. Hal tersebut bisa menyebabkan kerontokan rambut yang signifikan di area cedera. Saat cedera sembuh, rambut dapat tumbuh kembali.

Pengobatan yang tepat sangat penting karena cedera pada kulit kepala yang tidak diobati mampu merusak struktur dibawahnya dan bahkan menyebabkan kerontokan rambut yang permanen.

Sering menarik rambut

Rambut yang cenderung sering ditarik-tarik bisa berdampak buruk pada folikel rambut mereka sehingga menyebabkan kerontokan rambut. 

Ketika mereka berhenti menarik rambutnya tersebut, rambut akan kembali tumbuh. Hal ini dapat dikaitkan dengan jenis kecemasan tertentu yaitu gangguan obsesif-kompulsif.

Selain pengobatan, anak dapat mendapatkan dukungan emosional dan sosial dari orang tua serta memperoleh manfaat terapi.

Alopecia areata

Kondisi ini adalah jenis kerontokan rambut yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Terkadang hal ini dapat memicu kebotakan secara total atau rambut yang sangat tipis.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan kehilangan alis dan bulu mata pada beberapa anak. 

Kerontokan rambut adalah masalah medis yang harus diatasi, penting untuk menemui dokter ketika Anda memperhatikan si kecil kehilangan banyak rambut dari biasanya.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok