0 Point
Seorang wanita mengalami kejang punggung bawah.

Penyebab Kejang Punggung Bawah dan Pengobatannya

Kejang pada punggung bawah bisa menyebabkan kondisi yang tidak menyenangkan serta mengundang ketidaknyamanan tetapi kondisi ini bisa diobati dengan baik.

Berbagai pengobatan serta perubahan gaya hidup bisa mengurangi rasa sakit dan frekuensi rasa sakitnya.

Kejang punggung biasanya dapat diobati secara efektif tanpa operasi. Beberapa intervensi mungkin diperlukan jika rasa sakit tersebut terkait dengan gangguan saraf pada tulang belakang. Kejang tulang belakang umumnya terjadi ketika otot tegang dan berkontraksi. Beberapa orang biasanya merasakan kondisi ini pada area tertentu di otot bagian belakang. 

Namun, nyeri bisa menjalar ke area lain dan menyebabkan ketegangan otot. Mereka juga dapat mengembangkan sakit pinggang bagian belakang.

Salah satu aktivitas yaitu angkat beban dapat menjadi penyebab dari kejang punggung bawah. Ketika seseorang memberi tekanan yang terus menerus kepada otot dan ligamen, hal tersebut dapat menyebabkan cedera. 

Aktivitas fisik seperti permainan bola dan golf dapat memicu kejang punggung bawah karena mereka menuntut agar punggung berputar-putar secara berulang kali.

Kejang punggung bagian bawah juga disebabkan oleh beberapa kondisi medis seperti arthritis dan cedera pada cakram bagian tulang belakang. Arthritis di punggung bawah bisa memberi tekanan pada sumsum tulang belakang yang menyebabkan nyeri punggung.

Beberapa gejala kejang punggung bawah termasuk:

  • Kesulitan bergerak terutama jika tubuh menekuk
  • Rasa sakit yang hebat pada punggung bagian bawah
  • Nyeri kronis di punggung bawah
  • Sensasi kram di bagian punggung belakang yang dapat datang dan pergi

Pengobatan

Ketika kejang mulai timbul setelah Anda melakukan aktivitas fisik atau olahraga tertentu yang menekan otot, cobalah terapkan kompres es atau kompres hangat pada area yang nyeri. Kompres bisa meminimalisir keparahan gejala serta mengurangi inflamasi dan meningkatkan aliran darah.

Obat antiinflamasi non steroid dapat menghambat pemicu peradangan serta meredakan rasa nyeri.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok