Penyebab Kaki Terasa Sakit Saat Berjalan

August 26, 2021 | Kaifia

Seorang wanita memegang kakinya yang nyeri

Jalan kaki merupakan salah satu cara efektif yang bisa kita terapkan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Namun, rasa sakit atau nyeri pada kaki Anda bisa terjadi akibat terlalu sering menggunakan kaki setelah berjalan dalam waktu yang lama.

Penggunaan kaki yang terlalu sering atau overuse dapat menjadi penyebab umum nyeri kaki. 

Kaki terdiri dari banyak tulang yang mampu menyebabkan rasa sakit secara signifikan ketika mereka cedera atau ketika bantalan tulang di sekitar area tersebut memburuk.

Berbagai gangguan kesehatan tertentu dapat melukai kaki dan berpotensi mengakibatkan rasa sakit yang semakin parah.

Penyebab kaki terasa nyeri saat berjalan

Metatarsalgia

Kondisi ini umumnya ditandai dengan rasa sakit yang tajam dan timbulnya sensasi terbakar pada bola kaki. Hal ini juga dapat menyebabkan kesemutan dan sensasi seperti adanya batu kerikil di dalam sepatu Anda.

Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya dokter akan merekomendasikan operasi untuk memperbaiki jari kaki palu atau hammer toe yang mampu menyusun kembali tulang yang menyebabkan metatarsalgia.

YesDok Ads

Tendinitis

Tendinitis merupakan peradangan yang terjadi pada tendon. Tendonitis terutama tendon achilles yang mengalir di bagian belakang tumit, dan bisa menyebabkan rasa sakit saat berolahraga. 

Obat nyeri yang dijual bebas (Over the Counter) seperti ibuprofen dan naproxen, dapat membantu meredakan nyeri.

Kaki rata

Kaki rata atau flat feet adalah kondisi dimana tidak ada lengkungan pada telapak kaki sehingga seluruh bagian kaki dapat menyentuh lantai.

Lengkungan di telapak kaki cenderung terjadi saat lahir dan mulai berkembang saat masa kanak-kanak. 

Beberapa orang dengan kondisi ini biasanya mengalami nyeri kaki di bagian tumit dan rasa sakit dapat memburuk ketika seseorang aktif bergerak.

Dokter akan merekomendasikan Anda untuk menggunakan sepatu yang suportif bagi bentuk kaki dan melakukan latihan stretching secara rutin. 

YesDok Ads