Penyebab Gusi Menjadi Hitam

December 25, 2019 | Kaifia

Seorang wanita sedang tersenyum.

Bayangkan saat Anda tersenyum lebar saat pertemua, ketika itu mulut anda terbuka lebar, tanpa Anda sadari bagian gusi terlihat oleh teman-teman dan gusi Anda berwana kehitam-hitaman. Sebuah senyuman yang indah tentu tidak lepas dari gusi yang terlihat sehat berwarna merah muda. Namun ketika gusi berwarna gelap pasti akan sedikit memberi kesan kurang baik. Sebenarnya faktor apa saja yang membuat gusi menjadi hitam?

Merokok

Selain merupakan kebiasaan yang tidak sehat karena dapat menjadi pemicu infeksi paru-paru dan beberapa penyakit lain, merokok juga akan memberikan tampilan yang kurang impresif pada senyuman Anda. Gusi yang gelap atau hitam dapat terjadi jika Anda memiliki kebiasaan merokok, apalagi jika merokok dalam frekuensi yang sering dan sudah sangat lama. Bandingkan dan lihat perbedaan antara gusi mereka yang tidak merokok dengan mereka yang punya kebiasaan merokok dalam waktu lama.

Bahan tambalan gigi

Sebaiknya Anda ketahui bahwa material yang digunakan untuktambal gigi, terutama yang berbahan dasar seperti silver, merkuri, arsen dan bismuth dapat diserap oleh gusi secara sistemik. Hal inilah yang membuat warna gusi yang normalnya merah mudah dapat mengalami perubahan menjadi lebih gelap, bukan hanya gusi bahkan jaringan lunak di sekeliling gusi pun akan turut berubah.

Konsumsi obat secara berlebihan

Jenis obat tertentu bisa berbahaya bagi organ tubuh, bagian gusi juga bisa terancam oleh obat-obat tertentu. Obat-obat yang dimaksud antara lain obat antidepresan trisiklik, agen antimalaria, dan juga minocycline; ketiganya bila dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat gusi berubah warna menjadi lebih gelap atau menghitam.

YesDok Ads

Penyakit radang mulut

Terkadang radang yang terjadi dalam mulut tidak dapat dihindari. Selain berimbas pada bau mulut, biasanya gusi juga akan berubah warna akibat dari radang ini. Namun, apabila ada penyakit gusi yang menyebabkan perdarahan, kemudian terdapat peradangan dan kemerahan, segera kunjungi dokter gigi Anda untuk konsultasi dan pengobatan lebih lanjut.

Kurang menjaga kebersihan mulut

Pigmentasi atau perubahan warna pada gusi menjadi hitam tentu sama sekali tidak akan membuat senyum Anda menarik dan maksimal, dan ini bisa terjadi karena Anda kemungkinan kurang menjaga kebersihan mulut. Sesering apa Anda membersihkan mulut dan gigi? Mungkin ini yang perlu coba tingkatkan, yakni membersihkan mulut, termasuk gusi dan gigi secara lebih rutin agar selalu bagian tersebut selalu sehat.

Minum minuman beralkohol

Kebiasaan minum minuman beralkohol juga merupakan kebiasaan yang membuat perubahan warna gusi menjadi gelap. Hal ini akan diperparah ketika Anda memiliki kebiasaan minum dan merokok di saat yang sama.

(Foto: dentistrytoday.com)

YesDok Ads