Sexuality
Adult
+1

Penyebab Gairah Seksual yang Rendah pada Wanita

December 16, 2022 | Helmi

gairah seksual rendah pada wanita

Hasrat seksual yang rendah tidak hanya dialami oleh pria. Kondisi ini juga bisa mempengaruhi wanita, di mana hasrat seksual mereka menjadi rendah dan seolah terhambat.

Jika terus dibiarkan, ini bisa menjadi masalah seumur hidup dan dapat memengaruhi kesehatan mental serta fisik seseorang.

Disfungsi seksual seorang wanita sebagian besar terkait dengan kepuasan fisik dan emosional yang kurang dan perasaan bahagia yang rendah atau lebih tepatnya kepuasan.

Selain itu, siklus menstruasi, kontrasepsi hormonal, masa nifas dan laktasi, ooforektomi dan histerektomi, dan masa perimenopause dan pascamenopause memengaruhi dorongan seksual pada wanita.

Data menunjukkan prevalensi libido rendah yang mengkhawatirkan di kalangan wanita, namun sayangnya tidak banyak yang menyadarinya karena kurangnya kesadaran di sekitarnya. 

Wanita juga cenderung berbicara lebih sedikit tentang minat seksual mereka dan di banyak rumah tangga, seks dan keintiman dipandang sebagai aktivitas yang didominasi pria.

Namun, harus diketahui bahwa seks sama pentingnya bagi kesehatan wanita seperti halnya bagi kesehatan pria. Ada beberapa keuntungan dari dorongan seks yang baik.

Penyebab 

Stres jadi salah satu penyebab rendahnya dorongan seks pada wanita. Stres datang dalam banyak bentuk, bisa masalah dalam hubungan, masalah dalam keluarga, pekerjaan dan sebagainya.

Banyak wanita juga dapat menghadapi dorongan seks yang rendah karena kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi penting seperti seng, asam lemak omega 3, vitamin D, vitamin B12 dan magnesium mempengaruhi libido pada wanita.

YesDok Ads

Kesehatan mental yang buruk juga menghambat dorongan seksual. Depresi mengurangi mood Anda untuk mencoba sesuatu yang menarik. Harga diri rendah, energi rendah, dan kecenderungan memandang orang lain secara negatif (dalam hal ini pasangan) dapat memengaruhi keintiman seksual.

Kehamilan, pasca melahirkan, dan menopause--proses biologis umum yang dialami setiap wanita--juga menurunkan gairah seks pada wanita.

Obat-obatan seperti pil antidepresan, tablet kolesterol tinggi, juga dapat mengurangi dorongan seksual pada wanita.

Apa yang dapat Dilakukan?

Olahraga dapat meningkatkan mood. Yoga adalah cara yang baik untuk merilekskan pikiran dan tubuh secara bersamaan. Jika stres adalah penyebab berkurangnya libido Anda, maka Anda bisa mencoba yoga.

Dalam kasus, di mana Anda tidak dapat mengetahui alasan berkurangnya hasrat seks, Anda dapat mencari bantuan ahli.

Anda juga dapat mencari cara lain untuk merangsang diri sendiri terhadap seks. Membaca buku-buku erotis, menonton adegan-adegan penuh gairah adalah kiat-kiat mendidik diri sendiri untuk mengatasi situasi tersebut.

Wanita harus memahami bahwa seks adalah proses biologis yang penting. Jangan ragu untuk membicarakannya kepada pasangan atau orang yang Anda percaya. Jangan malu untuk membicarakannya. Kurangnya seks dapat menyebabkan stres.

Berikut penyebab gairah seksual rendah pada wanita. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan seksual Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads