0 Point
Feses berwarna hijau

Penyebab Feses Berubah Menjadi Warna Hijau

Feses dapat mengalami perubahan warna akibat berbagai faktor alasan tertentu. Perubahan warna hijau atau cokelat dapat dianggap normal dan jarang dalam kasus, adanya kaitan penyakit yang serius akibat perubahan warna pada feses.

Warna feses umumnya dipengaruhi oleh apa yang seseorang makan dan jumlah empedu yang dapat mencerna lemak dalam feses. Saat pigmen empedu melalui saluran pencernaan Anda, kemudian mereka diubah secara kimiawi oleh enzim. Hal tersebut mengubah pigmen menjadi cokelat atau hijau.

Feses berwarna hijau biasanya merupakan hasil dari asupan sayuran hijau yang tinggi pada diet Anda. Perubahan warna yang disebabkan oleh diet yang dipenuhi oleh sayuran merupakan faktor alasan yang umum pada kasus ini namun bagi seseorang yang jarang atau bahkan tidak mengonsumsi sayuran hijau mampu menandakan kondisi yang serius.

Berikut adalah penyebab faktor perubahan warna feses selain asupan diet sayuran tinggi

Antibiotik

Antibiotik, terutama apabila resepnya kuat untuk mengatasi infeksi besar, dapat membunuh sebagian besar bakteri normal usus Anda. hal ini mampu berpengaruh pada perubahan warna yang berada di usus bagian bawah. 

Adanya parasit, virus atau bakteri

Parasit, virus serta bakeri juga dapat menyebabkan feses berubah warna menjadi hijau. Bakteri yang secara tiba-tiba datang ini mampu bekerja lebih cepat daripada biasanya dan berpengaruh pada pewarnaan feses. 

Pigmen empedu 

Apabila makanan bergerak terlalu cepat melalui usus, pigmen empedu tidak dapat terurai dengan cukup. Salah satu penyebab potensial dari kondisi ini yaitu diare.

Apakah kondisi ini berbahaya?

Meskipun feses hijau bisa berkaitan dengan indikasi penyakit tumor kanker, namun perlu diperhatikan bahwa tanda kanker cenderung menunjukkan warna hitam atau seperti lem. Ini umumnya terjadi pendarahan pada saluran pencernaan bagian atas.

Jika Anda memiliki gejala lain seperti diare yang berlangsung secara terus menerus dan muntah yang cenderung memburuk, kondisi ini menandakan gejala dari penyakit Crohn atau sindrom iritasi usus besar. Penting untuk berkonsultasi ke dokter terkait gejala yang Anda alami dan dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut serta menentukan penyebab potensial dari perubahan warna feses.

 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok