Penyebab Dada Terasa Nyeri Tajam Saat Menghirup Udara

January 08, 2021 | Kaifia

Seorang pria sedang mengalami nyeri tajam di dada.

Nyeri tajam yang timbul saat menghirup udara bisa terjadi akibat beberapa alasan.

Gejala dapat berbeda berdasarkan tingkat keparahan, dengan beberapa orang memprihatinkan ketidaknyamanan ringan dan yang lainnya bisa mengalami tingkat nyeri yang sudah keparahan.

Dalam kebanyakan kasus, nyeri disekitar dada dan tulang rusuk bukanlah tanda dari gangguan yang serius akan sembuh dengan sendirinya atau dengan pengobatan rumahan.

Rasa sakit biasanya berlangsung selama beberapa menit dan gejala ini dapat datang dan pergi. 

Penyebab umum

Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa seseorang mengalami nyeri tajam ketika menghirup udara

GERD

GERD (Gastroesophageal reflux disease) adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan asam lambung yang naik ke kerongkongan. 

YesDok Ads

Kondisi ini terjadi ketika asam lambung keluar dari perut Anda dan menyebabkan nyeri tiba-tiba dan rasa terbakar pada dada.

Pneumonia

Kondisi ini adalah infeksi paru-paru yang terjadi pada radang kantung udara. Pneumonia terjadi akibat infeksi, virus dan jamur. 

Penderita pneumonia bisa mengalami batuk-batuk disertai dengan nyeri tajam pada dada.

Serangan panik

Kecemasan yang parah dan memicu datangnya serangan panik bisa menyebabkan nyeri tajam di dada secara tiba-tiba.

Kondisi kesehatan mental dapat terjadi tanpa alasan apapun dan beberapa orang mungkin mengalami hal ini setelah peristiwa yang stres.

Seseorang perlu berkonsultasi dengan dokter tentang nyeri tajam yang tidak bisa dijelaskan saat menghirup udara atau bernapas, terutama jika gejala ini terjadi bersamaan dengan kesulitan bernafas, berkeringat parah dan demam.

YesDok Ads