Penyebab Bau Ketiak yang Menyengat

April 05, 2021 | Aqiyu

bau ketiak

Berpenampilan menarik akan sia-sia jika bau badan tidak sedap. Salah satu sumber bau badan bukan hanya berasal dari keringat tetapi bisa karena bau ketiak. Hal ini tentu sangat menggangu dan bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda terhadap orang di sekitar.

Bau ketiak yang menyengat bisa disebabkan oleh kelenjar apokrin kulit yang bereaksi untuk proses pembusukan. Dimana kelenjar ini lebih banyak terdapat pada lipatan ketiak. Jadi, jangan heran jika ketiak bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain dari keringat, Anda juga wajib mengetahui faktor lainnya yang tanpa diduga menjadi penyebabnya timbulnya bau tidak sedap pada ketiak. Adapun penyebab lainnya sebagai berikut:

Obesitas

Kelebihan berat badan berisiko tinggi mengalami bau ketiak ketimbang orang dengan berat badan normal. Hal ini karena lipatan lemak yang jumlahnya banyak sehingga memicu kotoran serta bakteri penyebab bau badan bertahan di permukaan kulit. Apalagi bau ketiak bisa semakin parah jika orang yang mengalami obesitas malas membersihkan diri secara teratur.

Jenis makanan yang dikonsumsi

Percaya atau tidak mengonsumsi makanan tertentu dapat memengaruhi bau ketiak. Makanan tersebut seperti bawang, asparagus, keju, kubis dan minuman alkohol. Untuk itu, Anda bisa membatasi dalam mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan bau ketiak.

Mengonsumsi obat-obatan

YesDok Ads

Tak banyak yang mengetahui bahwa mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam jaangka waktu yang lama bisa menimbulkan bau ketiak. Jenis obat-obatan tersebut seperti obat penghilang nyeri analgesik, antidepresan dan obat hormonal. Jenis obat-obatan tersebut bisa memicu keringat berlebihan yang berujung pada bau ketiak yang menyengat.

Gangguan metabolisme

Metabolisme yang terganggu dapat membuat tubuh kehilangan kemampuan dalam memecah hormon trimetilamina. Dimana jika hormon tersebut tidak pecah maka justru akan dikeluarkan melalui urin, keringat dan napas. Akibatnya, akan menimbulkan bau menyengat pada tubuh termasuk pada ketiak.

Infeksi kulit

Infeksi pada kulit ketiak bisa menjadi penyebab timbulnya bau tidak sedap. Kulit ketiak yang terinfeksi kemungkinan lukanya terdapat sejumlah bakteri yang menempel. Bakteri yang ada pada kulit terinfeksi itulah yang nantinya akan menghasilkan keringat berurea dan mengeluarkan bau tidak sedap pada tubuh penderitanya.

(Foto: the list)

YesDok Ads