0 Point
penyakit saat mudik

Penyakit yang Sering Muncul Saat Mudik

Setelah sebulan berpuasa, semua umat muslim akan merayakan idul fitri sebentar lagi. Banyak diantara kita yang akan mudik karena penurunan angka kasus Covid-19. Mudik diperbolehkan namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Pada tahun ini mungkin perjalanan mudik akan terasa padat dan macet. Anda harus dapat mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan seperti penyakit yang sering kali muncul saat mudik. Berikut ini berbagai macam penyakit yang sering dialami saat mudik: 

Mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan merupakan penyakit yang disebabkan oleh gerakan selama perjalanan. Perjalanan ini bisa dengan mobil, udara,atau perahu dan semuanya dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Sementara mabuk perjalanan ini biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika pergerakan berhenti dan tidak memerlukan diagnosis profesional. Ada beberapa makanan yang dapat Anda bawa untuk berjaga-jaga mencegah mabuk perjalanan. Diantaranya buah pisang, buah yang rasanya asam seperti jeruk, buah kering yang dapat membantu menenangkan saraf sensorik tubuh, jahe dan roti gandum. BIasanya mabuk perjalanan ditandai dengan gejala mual, muntah, pusing hingga keringat dingin.

Deep Vein Thrombosis (DVT)

Pernah mengalami kaki membengkak karena terlalu sering duduk? Ya, Anda bisa mengalami kaki bengkak saat mudik apalagi jika Anda menempuh perjalanan jauh. Selama Anda duduk dalam perjalanan, Anda tidak banyak bergerak maka akan terjadi penumpukan  cairan pada tubuh. Untuk mencegah kaki bengkak saat mudik, Anda disarankan untuk menggerak-gerakan tungkai dan kaki. Deep vein thrombosis ini ditandai dengan kaki bengkak dan sakit.

Flu

Penyakit ini sering kali muncul saat mudik. Flu ini terjadi ketika imunitas tubuh seseorang menurun dan mengalami kelelahan selama perjalanan mudik. Sehingga Anda akan rentan terkena penyakit flu. Flu ini ditandai dengan gejala demam, menggigil, hidung tersumbat, nyeri otot dan sakit kepala. Mengingat flu merupakan salah satu gejala Covid-19, maka sebagai langkah pencegahannya, Anda dapat melakukan vaksin booster Covid-19 sebelum melakukan perjalanan mudik. 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok