Pentingnya Vaksin Influenza pada Orang Lanjut Usia

June 16, 2020 | Iman

Vaksin influenza

Orang lanjut usia yang berusia lebih dari 60 tahun, merupakan kelompok yang lebih rentan terhadap penularan penyakit infeksi, karena kekebalan tubuh mereka telah menurun. Perubahan organ tubuh akibat proses penuaan, sistem kekebalan tubuh yang menurun, dan penurunan status fungsional pada orang lanjut usia sering kali menyebabkan kondisi lebih buruk dan masa perawatan di rumah sakit lebih lama. 

Penyakit infeksi merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan peningkatan biaya kesehatan, khususnya pada kondisi akut dan dapat berdampak jangka panjang. Salah satu upaya pencegahan penyakit infeksi adalah melalui vaksinasi. Beberapa hal penting mengapa saat ini belum musnah didunia, vaksin aman dan efektif mencegah penyakit, vaksin dapat membuat orang lansia tetap sehat seperti halnya diet dan olahraga. 

Lembaga kesehatan seperti WHO, Kementerian Kesehatan dan Satgas Imunisasi Dewasa PBPAPDI telah memberikan rekomendasi pemberian vaksinasi pada orang dewasa dan lansia. 

Ada tiga vaksin penting untuk diberikan kepada para lansia, yaitu vaksin Influenza, Pneumococcal dan Herpes Zoster. 

1. Vaksin Influenza

Kerap dianggap ringan, influenza adalah penyakit yang mudah menular dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, hingga menyebabkan kematian pada kelompok berisiko tinggi, yaitu anak-anak, orang lansia, individu dengan penyakit kronis5. Saat ini, vaksinasi influenza merupakan salah satu upaya kesehatan untuk mencegah infeksi dan komplikasi virus influenza.

2. Vaksin Pneumococcal

Infeksi pneumonia yang disebabkan oleh Streptococcus pneumonia atau pneumokokus berkisar 25-35% dari keseluruhan pneumonia bakterial yang membutuhkan perawatan rumah sakit. Sekitar 90% kematian akibat penyakit ini ditemukan pada usia lanjut. Vaksin ini bermanfaat mencegah pneumonia (infeksi paru-paru), meningitis (infeksi selaput otak dan sumsum tulang belakang), dan sepsis (infeksi darah).

3. Vaksin Herpes Zoster

Herpes zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi dari virus Varicella zoster (VZV) yang menyebabkan cacar air. Vaksinasi herpes zoster membangkitkan imunitas selular spesifik yang sudah menurun sehingga mencegah reaktivasi VZV.

Vaksinasi Influenza Menurunkan Angka Kematian 

Penyakit influenza kerap menyerang orang yang kekebalannya tubuhnya rendah, baik faktor usia atau faktor penyakit lain yang diderita. Orang berumur diatas 85 tahun berisiko 32 kali lebih besar meninggal akibat pneumonia yang berkaitan dengan influenza dibandingkan mereka yang berumur 65-69 tahun.

Vaksin influenza pada usia lanjut telah terbukti dapat mengurangi risiko angka sakit dan kematian, terutama pada mereka yang memiliki penyakit lainnya seperti kencing manis, darah tinggi dan juga penyakit jantung.

Selain dapat melindungi tubuh kita dan keluarga, vaksin juga dapat mencegah menularkan penyakit ke masyarakat sekitar.

(Foto : omniahealth.com)

YesDok Ads