Pentingnya untuk Tidak Sarapan Terlalu Siang

September 15, 2020 | Helmi

sarapan

Banyak ahli yang sudah membagikan manfaat sarapan di pagi hari. Sarapan yang teratur juga diperlukan oleh tubuh.

Namun kesibukan yang padat di pagi hari kerap membuat orang melewatkan sarapan, atau memundurkan jadwal sarapannya ke jam yang sebenarnya justru mendekati makan siang.

Kebiasaan ini justru menurut para ahli akan mengacaukan ritme sirkadian dalam tubuh Anda. Ritme sirkadian adalah proses alami yang terjadi pada tubuh dari bangun tidur hingga tidur kembali.

Menurut pakar metabolisme dari Universitas Tel Aviv, Daniela Jakubowicz, jam sirkadian tidah hanya mengatur perubahan sirkadian dari metabolisme glukosa, tetapi juga mengatur berat badan, tekanan darah dan penumpukan lemak.

YesDok Ads

Penelitian menemukan, waktu Anda sarapan memengaruhi sistem metabolisme tubuh. Pada penelitian, subjek yang tidak sarapan mengalami lonjakan gula darah dan respons insulin yang buruk dalam tubuh.

Walaupun mereka mengonsumsi kalori dalam jumlah yang sedikit, mereka justru mengalami peningkatan berat badan yang lebih tinggi.

Berdasarkan hasil dari penelitian ini, disarankan untuk sarapan teratur dan tidak terlalu dekat dengan jam makan siang. Disarankan untuk sarapan sebelum jam 9:30 pagi. Mengapa demikian?

Sebab, sarapan yang dilakukan sebelum jam 9:30 pagi cenderung membuat tubuh seseorang memiliki metabolisme yang lebih baik. Berat badan yang terkontrol juga bisa membuat seseirang terhindar dari masalah kesehatan tubuh, seperti diabetes tipe 2 misalnya.

YesDok Ads