Pentingnya Tanggap Alergi Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19

June 30, 2020 | Iman

Alergi susu sapi

Pandemi Coronavirus (Covid-19) di seluruh dunia belum juga mereda sepenuhnya, termasuk di Indonesia. Kondisi ini tentunya membawa kekhawatiran bagi semua orang, terutama bagi para orang tua yang memiliki anak dengan kondisi kesehatan yang rentan terganggu.

Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), menunjukkan kasus anak yang terkonfirmasi positif di Indonesia sangat tinggi dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Tingginya angka kasus menunjukkan bahwa anak-anak rentan mengalami penularan di masa pandemi.

Alergi adalah suatu respon sistem imun yang tidak normal dalam hal mengenali bahan yang sebenarnya tidak berbahaya dimana bahan yang mencetuskan alergi tersebut dinamakan alergen.

Alergen bisa berupa makanan atau yang terhirup, makanan yang paling sering mencetuskan alergi adalah susu sapi, makanan laut, ikan, juga ada bahan yg terhirup seperti tungau debu rumah, hingga jamur.

Alergi susu sapi merupakan salah satu jenis alergi yang paling banyak dialami anak. Gejala yang muncul akibat anak alergi susu sapi biasanya menyerang kulit seperti ruam-ruam merah, sistem pernapasan seperti batuk dan bersin yang berulang, atau sistem pencernaan misalnya sakit perut yang membuat anak menjadi rewel.

Alergi susu sapi pada anak diakibatkan oleh respon sistem imun yang tidak normal terhadap protein susu sapi (whey dan kasein). Hal ini perlu menjadi perhatian karena susu adalah salah satu sumber protein yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

YesDok Ads

Untuk Nutrisi yang tepat pada anak alergi susu sapi, pilihan utama adalah ASI ekslusif, selain nutrisi yang terbaik untuk lertumbuhan anak, ASI juga meningkatkan daya tahan tubuh anak. Jika anak terpaksa tidak bisa dapat ASI karena alasan medis, bisa diberi formula soya.

Sebuah Meta analisis menunjukkan bahwa tidak ada efek negatif terhadap fungsi reproduksi termasuk juga pada sistem imun dan kognitif. Sehingga formula soya aman diberikan dan juga dapat mendukung tumbuh kembang anak. 

Sementara itu, tips selama new normal untuk anak alergi susu sapi adalah Tidak melakukan penundaan imunisasi, pemantauan peetumbuhan dan perkembangan anak, tetap menjaga kesehatan dengan nutrisi lengkap dan seimbang.

Perbanyak juga makan buah dan sayur, aktivitas fisik yang sesuai, ajari anak mencuci tangan dengan sabun, pakai masker, hindari kerumunan, berjemur di depan rumah setiap pagi sekitar 10-15 menit untuk mengoptimalkan vitamin D dan daya tahan tubuh.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads