Pentingnya Tanamkan Minum Sehat Sejak Dini

August 10, 2020 | Iman

Anak minum air mineral

Berdasarkan riset di 13 negara yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition, saat ini kenyataannya adalah 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum, dimana 30% yang dikonsumsi bukan air mineral. 

Padahal anak pra-sekolah (usia 4 – 6 tahun) membutuhkan 1.2-liter air mineral per hari (setara dengan 5 – 6 gelas), sedangkan anak usia 7 – 9 tahun membutuhkan sekitar 1.5-liter air 2 mineral (6 – 7 gelas setiap hari). 

Perlu diketahui, Anak lebih rentan mengalami dehidrasi dibanding orang dewasa karena mereka memiliki sensibilitas rasa haus yang lebih rendah serta tidak dapat mengekspresikan rasa haus dengan baik.

Para ahli menyarankan, Anak yang aktif berkegiatan perlu dibiasakan minum 2 – 3 gelas air mineral (400 – 600 ml) di luar rumah untuk mengurangi kemungkinan dehidrasi dan menstabilkan suhu tubuhnya. Sisanya bisa dipenuhi ketika anak ada di dalam rumah dibawah pengawasan orang tua.

Kekurangan air dapat menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang maupun jangka pendek, antara lain infeksi saluran kemih, dan batu ginjal. Secara jangka pendek dapat mengganggu kognisi, atensi, atau memori.

Para Ahli mengatakan bahwa Mineral yang terkandung dalam air memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia misalnya, zinc berfungsi untuk membantu respon imun dan fungsi otak manusia, untuk kalium dapat membantu sistem saraf dan otot tubuh, magnesium dan kalium untuk menjaga jantung dan pembuluh darah.

YesDok Ads

Agar terhindar dari risiko gangguan kesehatan, orang tua perlu membiasakan anaknya untuk minum air mineral secara mandiri, baik di dalam maupun di luar rumah. 

Kebiasaan ini bisa dibangun dengan memberikan arahan dan jejak ingatan positif terhadap kebiasaan minum air mineral sebelum, selama dan sesudah beraktifitas fisik.

Para orang tua bisa mengajak anak mereka untuk minum air mineral bersama setelah berolah raga atau bermain, untuk menciptakan pengalaman positif dan perasaan segar yang didapatkan dari minum air. 

Orang tua juga bisa mengkondisikan keadaan rumahnya supaya tersedia lebih banyak air mineral dibandingkan minuman lainnya yang berkalori tinggi.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads