Pentingnya Rutin Konsumsi Susu Setiap Pagi

August 20, 2022 | Iman

Pentingnya Rutin Konsumsi Susu Setiap Pagi

Daya tahan tubuh yang baik sangat penting untuk kelangsungan hidup karena dapat memantau tanda-tanda invasi atau bahaya dari berbagai paparan atau serangan penyakit. 

Gizi yang seimbang, memadai dan tepat diperlukan agar semua sel dapat berfungsi secara optimal dan ini termasuk sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh.

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan FKM Universitas Indonesia, Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc, Ph.D menjelaskan bahwa, ada banyak faktor yang mempengaruhi fungsi sistem daya tahan tubuh, salah satunya adalah asupan bergizi, korelasinya bahkan cukup signifikan antara sistem kekebalan dan gizi ini. 

Pemenuhan gizi yang seimbang, cukup  serta optimal mendukung terbentuknya fungsi sel imun atau memperkuat daya tahan tubuh yang tidak hanya memungkinkan mereka untuk memulai respon efektif terhadap berbagai paparan atau serangan patogen tetapi juga menghasilkan proses pemulihan  cepat untuk menghindari peradangan lainnya. 

YesDok Ads

Susu sebagai bagian dari gizi seimbang merupakan sumber makanan yang kaya akan zat gizi penting baik untuk tumbuh kembang maupun daya tahan tubuh. Berbagai zat gizi makro maupun mikro, vitamin dan mineral terkandung dalam susu. 

Tidak hanya salah satu sumber protein hewani terbaik seperti asam amino esensial, tapi Vitamin A, dan D3 yang terkandung dalam susu berfungsi untuk mendukung perlindungan tubuh dari kerusakan sel serta efektif melawan paparan atau infeksi.

Selain mengandung protein hewani, susu juga mengandung zat gizi lain seperti karbohidrat, lemak, laktosa, vitamin dan mineral. Susu dapat diminum 2 gelas per hari untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan berbagai gizi.

(Foto: food business News)

YesDok Ads