Pentingnya Protein Seiring Bertambahnya Usia

July 05, 2020 | Iman

Masa tua

Protein memainkan peranan penting dalam nutrisi manusia. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi protein yang cukup adalah cara yang baik untuk membantu penurunan massa otot yang berkaitan dengan usia. Namun timbul pertanyaan, berapa kandungan harian yang disarankan bagi para orangtua?

Sebuah penelitian yang dilaukukan peneliti Korea yang baru saja diterbitkan di Nutrients mengamati 96 pria dan wanita yang lebih tua berusia 70 hingga 85 tahun. Mereka dipisahkan menjadi tiga kelompok studi selama 12 minggu.

Setelah mencatat asupan protein biasa, satu kelompok diminta mengonsumsi 0,8 gram per kg berat badan mereka dalam angka kecukupan gizi yang direkomendasikan (AKG). Kelompok kedua memiliki 1,2 gram per kg, dan kelompok ketiga 1,5 gram per kg setiap hari. Semua kelompok juga diminta untuk mempertahankan tingkat aktivitas fisik mereka sebagaimana biasanya.

Peneliti menemukan bahwa kelompok yang telah meningkatkan jumlah proteinnya hanya 0,54 g per kg menunjukkan perubahan signifikan dalam massa otot di antara laki-laki, tetapi tidak di antara perempuan. Namun, para peneliti melakukan referensi beberapa studi sebelumnya yang menemukan hubungan antara peningkatan konsumsi protein dan massa otot untuk wanita, terutama yang termasuk olahraga sebagai bagian dari penelitian.

Mereka mencatat bahwa penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang lebih tua membutuhkan lebih banyak protein untuk meningkatkan massa otot daripada pria yang lebih tua karena perbedaan dalam resistensi anabolik cara protein mensintesis antara pria dan wanita.

Jadi berapa banyak idealnya protein yang sebaiknya Anda konsumsi? Menurut penelitian ini, jika Anda seorang pria yang lebih tua, meningkatkan asupan protein Anda hanya dengan tambahan 0,5 gram per kg berat badan dapat memiliki efek yang cukup besar. Jika Anda seorang wanita, bidiklah kecukupan yang lebih tinggi.

YesDok Ads

Sebagai contoh, satu studi kecil di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa wanita yang lebih tua dapat mengambil manfaat dari makan hampir 30 persen lebih banyak protein daripada pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan sebagai cara untuk mempertahankan dan membangun massa otot.

“Peningkatan massa otot, yang juga dapat ditingkatkan melalui olahraga teratur, tidak hanya penting untuk kekuatan seiring bertambahnya usia, tetapi juga mobilitas,” kata seorang profesor yang juga pakar olahraga Belinda Beck. 

Baru-baru ini, Beck memimpin penelitian pada wanita yang lebih tua yang berfokus pada aktivitas berdampak tinggi seperti melompat dan berlari. Ia menemukan kondisi itu meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang. 

Unggas, daging sapi tanpa lemak, ikan, tahu, kacang-kacangan, telur, yogurt Yunani, keju, dan lentil adalah beberapa makanan yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet Anda yang tinggi protein untuk membantu menghentikan penurunan massa otot Anda sejak dini. “Sangat penting dapat terus aktif dan bebas cedera untuk tahun-tahun mendatang terutama di masa tua,” Beck menambahkan. 

(Foto: dailymail.com)

YesDok Ads