0 Point
Remaja wanita mematahkan batang rokok.

Pentingnya Perubahan Gaya Hidup Untuk Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya yang menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Berdasarkan data WHO, beragam jenis penyakit kanker sudah membunuh delapan juta orang setiap tahun. Perusakan tubuh oleh kanker ditandai dengan perkembangan sel-sel abnormal yang membelah dan menjadi tidak terkendali, sekaligus merusak jaringan tubuh normal. Kanker menyebar ke seluruh tubuh dan mengganggu fungsi organ lainnya. 

 Banyak cara untuk melawan penyakit ini, namun pencegahan adalah hal terbaik untuk membuat sel-sel kanker menjadi menipis di dalam tubuh. Anda hanya membutuhkan beberapa hal sederhana untuk melakukannya, yaitu dengan beberapa perubahan gaya hidup yang harus dilakukan sekarang juga!

Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko tertinggi yang dapat menyebabkan kanker. Hampir 30 persen kanker selalu terjadi karena merokok. Kanker paru-paru, kanker tenggorokan, dan kanker mulut.

Lindungi tubuh dari sinar matahari

Sinar ultraviolet dari matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit. Jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan, disarankan untuk melindungi kulit Anda dengan tabir surya dan memakai topi.

Hindari makanan berlemak

Pola makan yang tidak menghindari lemak meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker usus besar, prostat, dan kanker payudara. Atur pola makan dengan tepat. Seimbangkan gizi yang masuk dalam tubuh sehingga mencegah sel kanker masuk ke dalam tubuh.

 Pilih makanan berserat

Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, bantu tubuh Anda melindungi diri dari kemungkinan kanker coloretal, yaitu kanker yang tumbuh dan berkembang di usus besar, dubur, dan usus buntu. 

 Hindari makanan kaleng

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dalam kaleng yang menggunakan bahan natrium nitrat atau bahan kimia lainnya dengan dosis tinggi bisa menyebabkan kanker di kerongkongan dan sistem pencernaan.

 Konsumsi vitamin C yang tepat

Sumber alami vitamin C ditemukan, antara lain dalam buah jeruk, tomat, dan pepaya. Vitamin C dapat membantu mencegah kanker paru-paru dan kanker pada sistem pencernaan. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu memerangi radikal bebas yang diketahui menyebabkan kanker.

Pilih sayuran yang tepat

Penelitian menunjukkan bahwa sayuran, seperti kubis, kembang kol, brokoli, dan bok choy, dapat membantu mencegah tubuh dari kanker coloretal, kanker paru-paru, dan kanker dari sistem pencernaan.

Hindari alkohol

Konsumsi alkohol yang tinggi dapat menyebabkan kanker hati dan gangguan pencernaan. Jika Anda merokok dan mengonsumsi alkohol di saat bersamaan dapat menyebabkan terjadinya kanker mulut dan tenggorokan.

Jangan takut untuk periksakan diri Anda ke dokter di rumah sakit untuk mengetahui apakah tubuh sudah terserang sel-sel kanker. Jika hasilnya sudah diketahui, tentu. hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan perawatan medis.

(Foto: homeold.isr.umich.edu)

 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok