0 Point
Nutrisi anak

Pentingnya Perhatikan Asupan Nutrisi Anak di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 masih belum selesai, satu hal yang juga harus selalu dijaga adalah asupan nutrisi bergizi seimbang untuk anak-anak kita, agar mampu memperkuat daya tahan tubuhnya. Apalagi hingga kini belum ada vaksin yang ditujukan untuk anak-anak.

Sistem pencernaan merupakan organ kekebalan terbesar, sehingga cara paling efektif untuk mendukung dan meningkatkan sistem kekebalan anak adalah dengan memberikan nutrisi yang bergizi seimbang.

Para ahli menjelaskan bahwa dibutuhkan pendekatan holistik yang menyentuh semua elemen kehidupan anak sehari-hari, apalagi saat masih di dalam masa pandemi ini. 

Agar daya tahan tubuh anak lebih kuat, dibutuhkan asupan nutrisi harian yang konsisten, serta dilengkapi juga dengan nutrisi tambahan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya, salah satunya adalah asupan probiotik dan prebiotik. 

Asupan makanan bergizi seimbang dan tepat, kondisi anak yang terhidrasi dengan baik, ditambah olahraga stimulasi, bermain, dan tidur yang cukup akan dapat menjaga anak tetap bugar dan daya tahan tubuhnya tetap kuat.

Nutrisi tambahan menjadi kebutuhan untuk anak karena makanan yang dikonsumsinya tidak hanya mempengaruhi tumbuh kembang dalam jangka panjang, tetapi juga harus diusahakan berkontribusi secara langsung pada mikroorganisme yang hidup di saluran pencernaan. 

Ada beberapa cara untuk mencapai daya tahan tubuh yang sehat secara alami, dua di antaranya terkait dengan konsumsi probiotik dan prebiotik.

Adapun kandungan prebiotik yang bisa menjadi andalan dan ditambahkan oleh para orang tua dalam menu harian anak sehari-hari adalah serat pangan inulin. 

Memilih nutrisi tambahan yang mengandung serat pangan inulin memang langkah yang bijak. Serat pangan inulin adalah nutrisi yang esensial untuk kesehatan saluran cerna dan imunitas tubuh anak, karena merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Prebiotik di dalam serat pangan inulin juga membantu penyerapan kalsium dan mendorong kepadatan tulang, serta mengatur rasa kenyang, sehingga berdampak positif juga pada kesehatan anak di kemudian hari, di antaranya mengurangi risiko obesitas, penyakit radang usus, dan alergi. 

Untuk itu, makanan yang mengandung serat pangan inulin sangat disarankan untuk dikonsumsi anak. 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok