Pentingnya Pencegahan Komplikasi Diabetes di Masa Pandemi

May 02, 2021 | Iman

Cek gula darah

Menurut data dari International Diabetes Federation pada tahun 2020, jumlah penderita diabetes tipe-2 terus meningkat di berbagai negara di dunia. 

Indonesia menempati urutan ketujuh dari sepuluh negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi. Jumlah serangan diabetes mencapai 18 juta pada tahun 2020, meningkat 6,2% dibandingkan tahun 2019. 

Ahli mengatakan bahwa di tengah kondisi pandemi COVID-19, 25% sampai 34% dari seluruh pasien yang dirawat di ICU dan non-ICU merupakan pasien diabetes.

Selain itu COVID-19 memperburuk pengendalian gula darah penyandang. Dengan mengendalikan gula darah yang baik dapat mencegah komplikasi dan mengurangi keparahan akibat COVID-19.

YesDok Ads

Sementara itu, bagi para penderita diabetes dianjurkan untuk mengendalikan gula darah dengan baik, pemantauan gula darah lebih sering, diet dan nutrisi yang seimbang, serta tetap latihan fisik dan terapkan protokl kesehatan.

Di tengah pandemi COVID-19, pencegahan komplikasi tetap diperlukan agar kualitas hidup pasien menjadi lebih baik. Untuk itu diperlukan perawatan diabetes secara ideal berupa modifikasi gaya hidup melalui nutrisi yang seimbang, terapi yang berorientasi kepada kepatuhan pengobatan serta pemantauan gula darah mandiri secara rutin.

Para ahli juga menyarankan agar Tetap jaga protokol kesehatan, jaga gula darah tetap baik, pola hidup sehat, konsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter dan segera vaksinasi COVID-19 untuk meningkatkan kualitas hidup bagi pasien-pasien diabetes.

YesDok Ads