0 Point
MPASI

Pentingnya Pemenuhan MPASI dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan

Memastikan kesehatan yang baik dan gizi yang cukup pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) pada seorang anak merupakan peran penting bagi orang tua, sebab berdampak kepada kehidupan anak di masa mendatang. 

Memahami padatnya kesibukan sebagai orang tua di tengah perjalanan tumbuh kembang anak, tidak boleh mengurangi kewajiban orang tua untuk tetap memberikan yang terbaik bagi anak khususnya dimulai dari pengolahan dan penyajian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). 

Dokter Spesialis Anak, dr. Harun Albar M.Kes SpA, mengatakan, orangtua menjadi sosok utama terhadap pemenuhan gizi di 1.000 HPK seorang anak, guna mencegah terjadinya stunting atau kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis yang menyebabkan anak terlalu pendek untuk usianya. 

Kekurangan gizi bisa terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah bayi lahir, kondisi stunting baru terlihat setelah bayi berusia dua tahun. 

“Pada periode MPASI, para orang tua perlu memperhatikan dengan baik terhadap strategi pemberiannya, dimulai dari faktor tepat waktu, adekuat, aman dan higienis, serta diberikan secara responsif kepada anak,” ucap dr Harun.

MPASI dapat dibuat secara homemade atau dibuat sendiri oleh orang tua, namun perlu mencermati kandungan makanan yang diolah seperti perlunya cukup asupan protein hewani, lemak, mikronutrien, dan pemberian dalam jumlah terbatas untuk bahan makanan yang mengandung serat, gula, dan garam.

Selain itu perhatikan juga nutrisi penting dalam MPASI yang dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan. Karbohidrat pada MPASI dapat diperoleh dengan mengonsumsi beras, kentang, ubi, atau gandum. Sementara protein terbagi atas dua, yaitu protein nabati yang dapat diperoleh dari telur, daging, ayam, ikan, dan udang. 

Dan protein nabati yang diperoleh dari tempe dan tahu. Minyak, mentega, dan santan dapat diberikan dalam MPASI sebagai sumber lemak dan penambah kalori. Dan serat didapat dari konsumsi sayur - sayuran dan buah - buahan.

Selain itu, zat besi juga tidak kalah pentingnya untuk mendukung tumbuh kembang dan perkembangan otak seorang anak. Kebutuhan zat besi pada anak di periode MPASI kurang lebih sebanyak 11 mg/hari.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok