0 Point
Olahraga untuk kurangi stres

Pentingnya Olahraga untuk Kurangi Stres Selama Hari Kerja

Untuk siapa saja yang merasa stres dan tertekan pada hari kereja, satu nasihat yang bisa sangat membantu adalah jangan pernah tidak melakukan kegiatan olahraga yang sudah direncanakan. 

Berdasarkan sebuah studi terbaru yang sudah diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science In Sports & Exercise, berada dalam kondisi tubuh yang sehat sangat penting tubuh kita terlindungi dari serangan stres yang dihadapi di tempat kerja. Stres yang diakibatkan oleh pekerjaan bisa mengganggu kesehatan mental dan fisik.

Kondisi stres ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi. Dalam studi tersebut, para peneliti mempelajari tingkat kebugaran dari dua ratus pegawai di Swedia, dan mencatat tentang kemungkinan faktor risiko kardiovaskular mereka, seperti tekanan darah, kolesterol, tingkat stres dan indeks massa tubuh.

Peneliti dalam studi tersebut akhirnya menemukan bahwa mayoritas individu yang stres memiliki kemungkinan mengalami risiko kesehatan jantung, kecuali mereka yang tubuhnya dalam kondisi prima. Saat terpapar stres akut, para responden dalam penelitian yang tidak dalam kondisi prima menunjukkan peningkatan level kolesterol yang tinggi, sedangkan pada peserta yang kondisi tubuhnya prima level kolesterolnya cenderung lebih stabil.

Penulis studi tersebut yang merupakan profesor University of Basel, Markus Gerberof, mengatakan saat mengalami stres, seseorang cenderung tidak sering melakukan kegiatan yang melibatkan fisik secara rutin. Hal ini memang benar adanya, saat tuntutan pekerjaan di tempat kerja sedang banyak-banyaknya, rasanya ketika sampai di rumah, hal yang kita ingin lakukan cuma duduk di sofa dengan nyaman sambil menonton acara TV. 

Tetapi jika memang ingin terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular, maka kita harus menyingkirkan rasa malas dan mulai melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga. Tak perlu ke gym, kita juga bisa melakukan olahraga ringan dan murah meriah, seperti jogging santai di sekeliling tempat tinggal pada pagi hari sebelum berangkat ke kantor.

(Foto: Runners world)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok