0 Point
Makanan bernutrisi

Pentingnya Nutrisi Esensial dalam Tubuh

Berbagai nutrisi penting sangat dibutuhkan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, selain itu nutrisi juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan juga penting dalam meningkatkan kesehatan yang baik secara keseluruhan.

Nutrisi esensial dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu mikronutrien, dan makronutrien.

Makronutrien terdiri dari protein, karbohidrat, dan lemak sedangkan mikronutrien diantaranya adalah vitamin dan mineral seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan lainnya.

Sementara itu, cara terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi penting adalah melalui makanan.

Berikut adalah beberapa Nutrisi Esensial yang sangat penting bagi tubuh seperti dilansir laman Boldsky.

 

Protein 

Protein adalah bagian penting untuk pertumbuhan beberapa bagian tubuh seperti  tulang, sel, kulit, dan rambut, semuanya mengandung protein. Selain itu, tubuh manusia membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan, membuat enzim dan hormon. Makanan yang mengandung protein adalah Daging, ikan, telur, kacang-kacangan, kedelai, dan biji-bijian.

Karbohidrat 

Karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar utama terutama bagi sel dan jaringan dalam tubuh. Ada dua jenis karbohidrat yaitu sederhana, dan kompleks. Karbohidrat sederhana mencakup roti putih, nasi, pasta dan karbohidrat kompleks adalah biji quinoa, beras merah, oatmeal. Selain itu, Anda juga harus makan buah-buahan dan sayuran yang kaya serat.

Lemak 

Lemak sehat sangat penting untuk mendukung berbagai fungsi tubuh, diantaranya untuk membantu pembekuan darah, membangun sel, penyerapan nutrisi, produksi hormon, fungsi otak, dan pergerakan otot. Lemak sehat bisa diperoleh dari Kacang-kacangan, biji-bijian, minyak kelapa, ikan berminyak seperti tuna, salmon, dan mackerel.

Vitamin

Kecukupan vitamin dalam tubuh diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan kalsium, menjaga kesehatan kulit dan rambut, mencegah adanya kanker, membantu fungsi otak dan sistem saraf. Makanan yang mengandung vitamin adalah Sayuran berdaun hijau gelap, alpukat, biji-bijian, ikan, daging sapi, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Mineral 

Mineral diperlukan tubuh untuk menyeimbangkan kadar air, meningkatkan kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, menguatkan tulang, dan mencegah kerusakan gigi. Untuk mendapatkan mineral anda bisa mengonsumsi Daging merah, kacang-kacangan, biji-bijian, makanan laut, sayuran, sayuran hijau, unggas, buah-buahan dan kuning telur.

 

(Foto : healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok