Pentingnya Nutrisi Bagi Pasien Hemodialisa

January 23, 2022 | Iman

Makanan sehat

Seseorang mengalami gagal ginjal kronis biasanya dianjurkan untuk melakukan cuci darah (hemodialisis). 

Selama pasien menjalani rutinitas cuci darah, dokter biasanya menyarankan konsumsi makanan tertentu untuk menjaga kesehatan ginjal.

Ada beberapa hal yang baik dikonsumsi untuk pasien hemodialisa, yaitu Cukupi kebutuhan protein seperti Pasien cuci darah umumnya perlu asupan protein yang tinggi karena banyak protein yang hilang saat proses cuci darah berlangsung. 

Konsumsi protein yang terlalu tinggi justru akan meningkatkan kadar urea dalam darah. Hal ini bisa memberatkan kerja ginjal yang sudah lemah.

Lalu batasi asupan garam karena Asupan garam (natrium) berlebih bisa memberatkan kerja jantung, membuat Anda lebih cepat haus, dan menyebabkan tekanan darah tinggi. 

“Oleh karena itu, makanan untuk pasien cuci darah sebaiknya tidak mengandung banyak garam. Bila memungkinkan, hindari makanan olahan seperti daging kalengan, keripik asin, mi instan, dan makanan cepat saji. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi sayuran yang kadar garamnya rendah,” ucap dokter dr. Patricia F.C Halim Puteri,SpGK.

YesDok Ads

Pasien juga harus Perhatikan asupan cairan dimana Jika fungsi ginjal terganggu, kemampuannya untuk membuang kelebihan cairan juga akan berkurang. Itu sebabnya, pasien gagal ginjal harus memperhatikan asupan cairan selama menjalani cuci darah.

Sementara itu beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk pasien hemodialisis diantaranya putih telur, dada ayam, kembang kol dan ikan. 

Dada ayam merupakan makanan yang baik untuk pasien cuci darah karena kaya akan protein, tapi kandungan fosfor dan natriumnya tetap rendah.

“Yang paling penting adalah pola makan yang tepat dapat membantu perawatan pasien gagal ginjal. Oleh karena itu, pilihlah makanan bagi ginjal mengandung zat gizi beragam agar tubuh Anda senantiasa bugar selama melakukan cuci darah,” pungkas dr Patricia. 

(Foto : helpguide.org)

YesDok Ads