Pentingnya Menjaga Suhu Tubuh Lansia di Musim Dingin

January 18, 2021 | Iman

Lansia

Hipotermia adalah masalah umum selama musim dingin dan hujan. Masalah hipotermia dapat terjadi ketika suhu tubuh turun di bawah 35 celsius. Hal ini dapat menyebabkan masalah ginjal dan hati yang berbahaya.

Lansia menjadi golongan yang rentan terhadap gejala hipotermia, terlebih jika musim hujan. Berikut tips agar orang tua Anda tetap hangat dan nyaman selama cuaca yang dingin.

Rumah Tetap Hangat

Orang yang lebih tua merasa jauh lebih musah dingin dibandinhg kita yang berusia aktif. Sediakan semua yang mereka butuhkan agar mereka tidak perlu keluar rumah sesekali, terutama pada malam hari. Tutup pintu dan jendela rumah dan pastikan mereka memiliki beberapa lapis pakaian hingga bisa menggunakan pemanas ruangan.

Gerak Aktif

Semua orang merasa sangat nyaman di dalam selimut. Tapi tidak peduli seberapa baik perasaan Anda, sangat penting untuk tetap aktif secara fisik. Ajak orang tua Anda untuk sekadar pindah-pindah lokasi di rumah, dengan ini akan membantu mencegah kekakuan, kelesuan, menjaga sirkulasi darah yang baik hingga mengatasi rasa bosan.

Mandi Air Hangat

YesDok Ads

Bukan hanya orang tua Anda, tetapi anak-anak dan orang dewasa harus menggunakan air hangat untuk mandi jika musim dingin. Tapi pastikan untuk tidak menggunakan air panas, meskipun di luar dingin. Menggunakan air panas dapat membuat suhu tubuh berubah secara tiba-tiba, yang justru dapat membuat mereka jatuh sakit. Hal ini juga dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering, jadi pastikan untuk cukup menggunakan air hangat saat mandi. 

Jauhi Diri dari Karbon Monoksida

Jika Anda memiliki perapian di rumah atau menggunakan pemanas ruangan, pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik. Ventilasi yang buruk dapat meningkatkan kadar karbon monoksida di dalam ruangan, yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Cukupi Hidrasi

Di musim hujan, kita cenderung jarang merasa sangat haus, sehingga berakhir dengan minum lebih sedikit air, ini keliru. Dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi seperti sembelit dan kekeringan. Jadi, coba bantu mereka dalam menjaga asupan air harian.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads