0 Point
hormon tubuh

Pentingnya Menjaga Keseimbangan Hormon Tubuh

Hormon merupakan kelompok biokimia yang memiliki peran penting untuk mendukung kinerja organ tubuh. Bahkan hormon pun sangat memengaruhi kehidupan pribadi Anda. Itu mengapa, menjaga keseimbangan hormon sangat pernting agar fungsi tubuh tidak mengalami gangguan.

Masalah kesehatan yang ditimbulkan dari ketidakseimbangan hormon adalah ketidaksuburan pada wanita dan pria, kerontokan rambut, nafsu makan yang sudah dikontrol dan tidak stabil sehingga memicu kelebihan dan kekurangan berat badan. Selain itu, manfaat dari menjaga keseimbangan hormon tubuh sebagai berikut:

  1. Hormon tubuh yang seimbang dapat mengatur semua organ tubuh agar efektif dan maksimal.
  2. Mencegah munculnya penyakit kronis.
  3. Mempercepat proses penyembuhan.
  4. Menjaga kesehatan metabolisme, sistem imun pada tubuh dan reproduksi.

Menjaga keseimbangan hormon pada tubuh sebenarnya tidaklah susah. Ada beberapa cara alami untuk menjaga hormon agar tetap seimbang adalah mengatur pola makan dengan benar. Saat Anda tidak makan secara teratur, maka gejala pertama kali muncul pada sistem endokrin. Konsumsilah makanan yang mengandung protein, serat dan batasi mengonsumsi gula dan karbohidrat.

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, penting memasukkan lemak sehat pada menu makanan. Hal ini berguna untuk meningkatkan produksi hormon. Usahakan untuk mengonsumsi makanan sesuai dengan porsi dan kebutuhan, jangan terlalu banyak atau sedikit. Sebab, diet ketat yang buruk dapat menyebabkan perubahan hormon.

Anda juga tidak boleh kurang tidur. Kurang tidur dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh Anda dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Orang dewasa disarankan untuk tidur sebanyak 7-8 jam setiap hari. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat memperbaiki sel rusak, membangun energi, meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh dan menjaga keseimbangan hormon.

Serta pikiran Anda harus tetap jernih dan jangan stres. Penelitian Journal of Endocrinology and Metabolism menyebutkan stres membuat perubahan kadar serum dalam  beberapa hormon. Seperti hormon glukokortikoid, katekolamin, prolaktin dan hormon pertumbuhan.

Untuk mencegah ketidakseimbangan hormon, Anda pun perlu berolahraga secara rutin. Hindari bahan kimia berbahaya, mengurangi konsumsi kafein dan minuman beralkohol, dan menjaga kesehatan pencernaan.

(Foto: natural living family)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok