0 Point

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut

Saat kita tumbuh dewasa, salah satu kebiasaan terpenting yang diajarkan oleh orangtua kepada kita semua adalah kebiasaan menyikat gigi. Gigi yang sehat sangat penting dan juga penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Menyikat gigi, membersihkan gigi untuk mencapai gigi yang sehat membutuhkan perawatan dan perhatian seumur hidup. Anda harus memperhatikan kesehatan mulut Anda, agar terus menjadi sehat dan bersinar.

Tapi, tahukah Anda bahwa kesehatan mulut memainkan peran penting dalam kesehatan Anda secara keseluruhan? Seperti bagian atau organ tubuh Anda lainnya, mulut Anda juga rentan terhadap penyakit dan infeksi. Mulut dapat didefinisikan sebagai titik masuk ke saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan seluruh sistem internal dalam tubuh Anda. Bakteri yang ada di mulut sebagian besar tidak berbahaya tetapi beberapa dapat menyebabkan komplikasi dalam tubuh.

Salah satunya adalah Plak gigi yang menempel pada gigi Anda ini disebabkan oleh bakteri yang ada di mulut Anda dan merupakan salah satu penyebab paling umum dari masalah gigi yang membuka jalan bagi masalah kesehatan parah lainnya.

Selain itu, kurangnya kebersihan mulut dapat menyebabkan infeksi mulut, seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi, yang selanjutnya dapat menimbulkan penyakit dan kondisi seperti diabetes atau masalah kesehatan kardiovaskular. Menurut beberapa penelitian, bakteri mulut dan peradangan yang terkait dengan infeksi oral dapat membuka jalan bagi berbagai penyakit dan menghalangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi serta penyakit.

Seperti dilansir laman Boldsky, sebuah penelitian mengungkapkan ada penyakit sistematik yang berhubungan dengan kesehatan mulut diantaranya adalah Diabetes dan kesehatan mulut. Studi menunjukkan bahwa, orang yang memiliki penyakit gusi lebih sulit mengendalikan kadar gula darahnya.

Lalu Penyakit jantung dan kesehatan mulut. Meskipun penelitian masih harus dilakukan untuk memahami hubungan yang tepat antara keduanya, dinyatakan bahwa penyakit jantung yang tersumbat arteri dan stroke disebabkan karena peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri mulut.

Selain itu, ada juga kaitannya penyakit paru-paru dengan kesehatan mulut. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara penyakit mulut dan kesehatan paru-paru dimana penyakit periodontal dapat meningkatkan risiko pneumonia, serta memperburuk penyakit paru obstruktif kronis dengan meningkatkan jumlah bakteri di paru-paru seseorang.

(Foto : webmd)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok