0 Point

Pentingnya Menjaga Kadar Vitamin A dalam Tubuh

Tubuh kita, membutuhkan asupan nutrisi penting, termasuk vitamin. Semua bentuk vitamin dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh ialah vitamin A.

Vitamin A merupakan sekelompok senyawa yang larut dalam lemak. Vitamin ini juga merupakan antioksidan kuat, yang diperlukan untuk kesehatan manusia. Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga kulit tetap bersih dan sehat, juga mencegah penyakit, meningkatkan kekebalan tubuh dan bahkan meningkatkan kesehatan tulang.

Selain itu, vitamin A juga berperan penting dalam fungsi neurologis, menyehatkan penglihatan, membantu jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya berfungsi dengan baik dan masih banyak lagi. Dan sama halnya dengan antioksidan lainnya, vitamin A juga dapat meredakan peradangan dan melawan kerusakan akibat radikal bebas.
Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat kesehatan dari menjaga asupan vitamin A dalam tubuh:

Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat utama vitamin A adalah membantu menjaga dan meningkatkan penglihatan Anda, karena vitamin A merupakan komponen penting yang mengaktifkan rhodopsin.
Beta-karoten dalam vitamin A berperan dalam mencegah degenerasi makula yang merupakan salah satu penyebab utama kebutaan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Archives of Ophthalmology, menemukan bahwa orang yang berusia di atas 50 dengan degenerasi makula dan rutin mengonsumsi beta-karoten ternyata mengalami pengurangan risiko dalam mengembangkan degenerasi makula lanjut.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin A memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung kesehatan kekebalan tubuh. Vitamin A juga bermanfaat dalam menangkal penyakit dan infeksi dengan meningkatkan produksi dan fungsi sel darah putih, yang membantu menjebak dan menghilangkan bakteri dan patogen lain dari aliran darah Anda.

Kekurangan vitamin A meningkatkan kemungkinan melemahnya sistem kekebalan tubuh dan mengubah fungsi sel-sel kekebalan tubuh. Ini membuat Anda susah pulih saat terserang penyakit.

Mengurangi masalah kulit

Masalah kulit seperti komedo, jerawat di wajah, punggung dan dada terjadi ketika kelenjar sebaceous tersumbat akibat penumpukan minyak dan sel kulit mati. Dermatologis sering meresepkan vitamin A untuk melawan jerawat dan keriput karena khasiatnya dalam meningkatkan kesehatan kulit.

Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin A, karotenoid, dan provitamin A karotenoid dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Menurunkan risiko kanker

Menurut studi 'Retinoid dan reseptornya dalam pengembangan kanker dan kemoprevensi' yang diterbitkan dalam 'Ulasan kritis dalam onkologi /hematologi', vitamin A memainkan peran integral dalam mencegah kanker. Menjaga kadar vitamin A yang tinggi dalam tubuh telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu seperti kanker paru-paru, kanker kandung kemih dan kanker serviks.

(Foto: healthifyme.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok