Pentingnya Menanyakan Kondisi Kehamilan bagi Calon Ibu

July 27, 2019 | Iman

Kegembiraan akan hasil positif pada strip kehamilan adalah perasaan yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata oleh setiap pasangan, apalagi pasangan yang baru menikah. Namun, jangan sampai berita gembira tersebut diiringi oleh ketakutan akan hal-hal yang tidak diketahui oleh calon ibu dan ketidaktahuan akan hal-hal yang benar dan salah.

Kehamilan adalah periode ketidakpastian karena bagi calon ibu setiap harinya mereka mendapatkan sesuatu yang baru dan menarik seperti Mual di pagi hari yang mengerikan, perubahan hormon yang membuat tiba-tiba marah, dan mulas di malam hari merupakan fenomena umum bagi kebanyakan orang.

Setiap wanita pasti memiliki kesulitan dan kesenangan yang melingkupinya selama kehamilan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajukan pertanyaan kepada dokter atau bidan yang menangani kehamilan Anda. Perlu diketahui juga bahwa, Kehamilan dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu trimester pertama, kedua dan ketiga.

Berikut adalah hal-hal penting yang harus ditanyakan pada dokter selama kehamilan trimester pertama.

1. Cek Berat Badan

Salah satu hal yang paling penting untuk ditanyakan kepada dokter selama kehamilan adalah tentang kenaikan berat badan yang sehat dan diinginkan. Kelebihan berat badan pada kehamilan bisa menambah sedikit komplikasi di trimester selanjutnya.

2. Kecukupan Vitamin

Selanjutnya, pertanyaan paling penting untuk ditanyakan kepada dokter Anda selama kehamilan adalah mengenai daftar vitamin sebelum melahirkan yang Anda butuhkan seperti asam folat dan kalsium.

3. Tes Kandungan

Tes Kandungan adalah bagian dari hal-hal penting untuk ditanyakan kepada dokter selama kehamilan. Tes ini berguna untuk menguji kesehatan ibu dan janin, ada beberapa tes yang bisa dilakukan seperti tes darah dan urin dilakukan.

4. Konsumsi Obat Aman

YesDok Ads

Diskusikanlah dengan dokter anda mengenai obat yang sedang dikonsumi dan obat apa saja yang diizinkan untuk dikonsumsi tanpa memengaruhi kehamilan.

5. Daftar Makanan

Catatlah daftar makanan dan minuman sehat yang akan bermanfaat bagi kesehatan Anda dan jangan lupa tanyakan juga apa saja makanan yang akan membahayakan Anda.

6. Nyeri

Kenali beberpa gejala yang mungkin bisa saja terjadi saat kehamilan seperti sakit punggung dan sakit pada bagian kaki, hal tersebut bisa menjadi tanda keguguran atau komplikasi.

7. Olahraga

Aktivitas fisik tetap disarankan saat kehamilan, Latihan ringan sangat penting selama kehamilan dan jangan melakukan kegiatan yang berat. Penting untuk meminta saran dokter selama kehamilan untuk menghindari kecelakaan saat olahraga.

8. Seks

Melakukan periode seks yang aman selama kehamilan tidak akan membuat komplikasi. Ini adalah hal penting lainnya untuk ditanyakan kepada dokter selama kehamilan.

(Foto : webmd.com)

YesDok Ads