Pentingnya Memiliki Kesejahteraan Emosional

April 15, 2023 | Kaifia

Kesejahteraan Emosional

Mengendalikan emosi ketika ketika sedang merasa marah memang hal yang sulit dan membutuhkan proses serta waktu untuk belajar cara mengontrol diri kita sendiri.

Kesehatan emosional atau Emotional well-Being mengacu pada seberapa baik seseorang dapat menerima dan mengelola emosinya dalam keadaan yang dinamis ini.

Medical News Today melansir bahwa merasakan emosi yang kuat merupakan hal yang sehat. Mempelajari cara memproses emosi dan merespons dengan perilaku yang tepat sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan seseorang. Ketika Anda sulit dalam menerapkan regulasi diri dalam menghadapi situasi, hal itu juga dapat berdampak sosial sehingga merusak hubungan Anda dengan orang lain.

Mengapa kesejahteraan emosional itu penting dimiliki?

Mengontrol reaksi memberi Anda waktu untuk mendengarkan dan mempertimbangkan perasaan orang lain. Hal ini juga membantu seseorang menangani kekecewaan dan bereaksi secara rasional terhadap perubahan yang berada di luar kendali Anda.

Memiliki regulasi diri yang terkontrol dengan baik bukan berarti sepenuhnya menghilangkan kemarahan, kesedihan atau kekecewaan serta membantu Anda untuk mengendalikan diri dari bereaksi secara sembrono atau impulsif terhadap keadaan tersebut.

YesDok Ads

Kesejahteraan emosional (emotional well-being) dapat berpengaruh pada hubungan, pekerjaan, kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan.

Apa saja faktor yang memengaruhi kesejahteraan emosional?

Berikut adalah beberapa faktor yang berdampak secara signifikan terhadap kesejahteraan atau kecerdasan emosional Anda menurut lansiran Medical News Today

  • Perubahan dalam kesehatan
  • Perubahan dalam hubungan
  • Menghadapi tantangan dengan pekerjaan, sekolah atau masalah rumah tangga
  • Ditinggal oleh orang yang dicintai
  • Pensiun

Bagaimana cara mengontrolnya?

Salah satu cara untuk mengendalikannya yaitu dengan melakukan praktik mindfulness dimana seseorang belajar untuk memusatkan perhatian atau pikirannya pada masa sekarang. Praktik tersebut membantu Anda mengalihkan perhatian dari pola pikir yang negatif dan fokus pada hal-hal yang berada di dalam kendali Anda.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads