Pentingnya Lakukan SADARI Setelah Menstruasi

December 14, 2022 | Iman

SADARI Setelah Menstruasi

Kanker payudara adalah tumor ganas yang menyerang jaringan payudara yang berasal dari kelenjar, saluran kelenjar, dan jaringan penunjang payudara. Kanker payudara terjadi karena adanya kerusakan gen yang mengatur pertumbuhan dan diferensiasi sehingga sel ini tumbuh dan berkembang biak tanpa dapat dikendalikan.

Gejala dan tanda kanker payudara antara lain yaitu :

1.      Munculnya benjolan pada area payudara yang bersifat keras, berbenjol-benjol, tidak nyeri, dan sulit digerakkan.

2.      Munculnya kelainan pada kulit area payudara seperti kemerahan, berkerut seperti kulit jeruk, dan melesak ke dalam.

3.      Puting tertarik ke dalam.

4.      Keluar cairan dari puting, seperti darah atau nanah.

5.      Adanya luka di payudara yang tidak sembuh.

Penyakit kanker saat ini adalah satu dari penyebab utama kematian di seluruh dunia. Tahun 2030 diperkirakan akan meningkat menjadi 26 juta penderita dan 17 juta di antaranya meninggal dunia akibat kanker.

Menurut data WHO, kanker payudara merupakan kanker yang paling umum terjadi di dunia per tahun 2021, dengan rasio kasus baru mencapai 12% dalam 1 tahun. 

Di Indonesia sendiri, jumlah pasien dan kasus meninggal pada kanker payudara merupakan yang paling banyak dibanding jenis kanker yang lain, disebabkan karena sekitar 70% di antaranya adalah kasus yang ditemukan dalam stadium lanjut. Di sisi lain, apabila berhasil dilakukan deteksi dini, maka tingkat kesembuhannya cukup tinggi yaitu 90%, sehingga penting halnya untuk mengupayakan agar dapat mendeteksi kanker payudara secara dini.

Kemudian bagaimana cara mendeteksinya?

YesDok Ads

Periksa Payudara Sendiri (SADARI) untuk mendukung deteksi dini kanker payudara. Hal ini bertujuan untuk tidak hanya memberikan literasi kepada para wanita terhadap pentingnya deteksi dini kanker payudara, namun juga menyebarluaskan gerakan SADARI 1 bulan 1x demi mewujudkan 0 penemuan kasus stadium lanjut.

SADARI merupakan tindakan sederhana yang mudah dilakukan, tidak menyakitkan, dan tidak mengeluarkan biaya akan tetapi memiliki sensitivitas deteksi yang tinggi.

Kapan dilakukan SADARI?

SADARI dapat dilakukan setiap bulan :

Wanita yang masih menstruasi pada hari ke 7 - 10 hari setelah hari pertama menstruasi.

Wanita menopause dapat melakukan SADARI pada tanggal yang sama setiap bulannya.

Apakah kita harus melakukannya?

Tentu, selalu tingkatkan kesadaran ketika sudah tahu bahwa SADARI dapat mendeteksi kanker payudara. Pahami dan percaya bahwa melakukan SADARI setelah menstruasi dapat mendeteksi kanker payudara. Setelah tahu dan paham, lakukan atau action bahwa melakukan SADARI untuk mendeteksi kanker payudara.

Konsultasi keluhan mengenai masalah kewanitaan dari gerakan SADARI hingga menstruasi Anda, pada dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: ICCC)

YesDok Ads