Pentingnya Konsumsi Minyak Ikan untuk Kesehatan Pria

March 12, 2021 | Helmi

minyak ikan

Minyak ikan adalah suplemen makanan umum yang kaya akan asam lemak omega-3. Penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan dapat bermanfaat untuk kesehatan dan perlindungan dari penyakit tertentu. 

Selain itu, ada juga manfaat khusus minyak ikan untuk pria, karena minyak ikan dapat membantu ereksi dan kesuburan.

Orang yang mengkonsumsi banyak ikan berminyak mungkin mendapatkan cukup asam lemak ini dari makanannya. 

Minyak ikan berasal dari berbagai jenis ikan yang berminyak, seperti mackerel, tuna, dan herring.  Minyak ikan mengandung asam lemak tak jenuh ganda omega-3. 

Ini adalah asam lemak esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sendiri. Dua jenis omega-3 yang paling terkenal adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Mengkonsumsi minyak ikan dan omega-3 dapat membawa beberapa manfaat kesehatan dan membantu sejumlah kondisi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa daftar manfaat minyak ikan yang bisa dinikmati oleh para pria.

Kesehatan dan kesuburan seksual

Meski tidak banyak dilaporkan, suplemen minyak ikan mungkin memiliki manfaat untuk kesehatan seksual dan kesuburan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa omega-3 dapat membantu pria dengan masalah ereksi. Dalam studi tahun 2020 terhadap 1.694 peserta laki-laki muda, mereka yang dilaporkan menggunakan suplemen minyak ikan memiliki testis yang lebih besar dan volume serta kualitas air mani yang lebih tinggi.

Mereka juga memiliki profil hormon perangsang folikel dan hormon luteinizing yang tampak lebih sehat. Ini adalah dua hormon utama yang mengatur produksi sperma.

Kesehatan mental

Penelitian menunjukkan bahwa individu dengan depresi mungkin memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah dalam darah. 

Dalam sebuah penelitian kecil terhadap 23 orang yang diterbitkan dalam Penelitian Psikiatri, suplementasi dengan omega-3 membantu memperbaiki gejala depresi dalam waktu 3 minggu.

Ada hubungan antara depresi dan masalah ingatan. Melengkapi dengan DHA saja atau dalam kombinasi dengan EPA dapat meningkatkan fungsi memori pada beberapa kelompok orang dewasa.

Sementara penelitian menunjukkan bahwa suplementasi omega-3 dapat membantu mencegah penurunan kognitif, terutama pada orang dewasa yang lebih tua, tinjauan tahun 2019 mencatat bahwa lebih banyak penelitian masih diperlukan.

Kesehatan jantung

Penyakit jantung menyebabkan 1 dari 4 kematian di Amerika Serikat setiap tahun. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi pria di AS.

Makan ikan mungkin memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung dengan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Trigliserida adalah sejenis lemak yang ditemukan di dalam darah, dan meskipun tubuh membutuhkannya, jika kadarnya terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Minyak ikan dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan tekanan darah. Makan ikan juga dapat membantu secara signifikan menurunkan lipoprotein densitas rendah atau kolesterol "jahat".

Kesehatan mata

Beberapa bukti menunjukkan bahwa asupan minyak ikan yang cukup dapat membantu melindungi kesehatan mata. Sebuah tinjauan tahun 2017 mencatat bahwa minyak ikan dapat berperan dalam pengobatan penyakit mata inflamasi seperti degenerasi makula terkait usia (AMD) dan penyakit mata kering.

Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengkonsumsi buah-buahan segar, sayuran, dan ikan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan AMD dibandingkan dengan mereka yang tidak.

American Academy of Ophthalmology (AAO) merekomendasikan minyak ikan untuk mengurangi gejala mata kering.

(Foto: SciTechDaily)

YesDok Ads