Pentingnya Kesehatan Gigi dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Jantung

February 18, 2023 | Iman

kesehatan gigi

Menjaga kesehatan gigi merupakan hal penting yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa studi menunjukan bahwa terdapat hubungan yang erat antara kesehatan gigi dan mulut terhadap kesehatan jantung. 

Gangguan yang terjadi pada rongga gigi dan mulut dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius, diantaranya penyakit jantung, diabetes, demensia, gangguan kehamilan, dan stroke.

Gangguan pada rongga gigi dan mulut berupa gingivitis atau peradangan gusi akan memicu terjadinya sumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan penurunan fungsi atau penurunan performa jantung. Peradangan yang terjadi akibat adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri dapat menyebabkan peradangan jangka panjang dan bakteri dapat berpindah pada jantung sehingga menimbulkan timbunan pada rongga jantung.

Penyebab lainnya selain gingivitis adalah periodinitis, yaitu adanya kantung yang berisi nanah dekat dengan akar gigi yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri. 

Kondisi periodinitis inilah yang berisiko lebih besar menyebabkan gangguan jantung dikarenakan bakteri dari gusi yang terinfeksi dapat berpindah ke jantung.

YesDok Ads

Beberapa hal yang dapat dilakykan untuk menjaga kesehatan gigi mulut agar tidak menyebabkan kelainan jantung diantaranya adalah :

  • Menggosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur
  • Melakukan floosing gigi dengan menggunakan obat kumur untuk mencegah adanya sisa makanan pada area gigi
  • Ganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali
  • Periksakan gigi dan gusi ke dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali untuk mengetahui jika ada penyakit gigi yang dapat menyebabkan kelainan pada jantung.

Jika mengalami gagguan pada gigi dan mulut serta gusi terutama pada pasien dengan berisiko tinggi seperti diabetes dfan hipertensi atau mempunyai komorbid lainnya segera periksakan diri ke dokter gigi untuk mencegah komplikasi berupa penyakit jantung.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: noble dental care)

YesDok Ads