Pentingnya Ibu ke Fisioterapis Pascamelahirkan

July 12, 2021 | Iman

Fisioterapis

Kehamilan menyebabkan beberapa perubahan dalam tubuh seorang ibu termasuk yang fisik, mental dan hormonal. Sementara perubahan ini mulai menghilang dengan sendirinya, akan tetapi dalam beberapa kasus menimbulkan perubahan rutinitas yang menggangu bagi sang ibu.

Salah satu masalah umum yang dihadapi sebagian besar ibu setelah melahirkan adalah nyeri otot. Rasa sakit dan nyeri di berbagai bagian tubuh umumnya akibat kontraksi rahim saat melahirkan dapat diatasi dengan pergi ke fisioterapi. Berikut adalah manfaat fisioterapi pascakehamilan yang dapat berguna bagi setiap ibu baru.

Baik bagi otot dasar panggul 

Otot dasar panggul bertanggung jawab untuk memberikan dukungan pada rahim selama kehamilan. Namun, selama persalinan, otot-otot ini meregang hingga batas maksimalnya, yaitu hingga 4 kali ukuran normalnya. Seorang fisioterapis dapat memeriksa dan menilai kondisi otot daerah panggul dan dengan demikian memberikan perawatan. 

Memperbaiki otot perut 

Kehamilan menyebabkan dua otot perut utama saling menjauh. Berolahraga secara teratur seperti yang diinstruksikan oleh fisioterapis dapat membantu menebalkan dan memperkuat otot-otot dan membantu mereka untuk memperbaiki kerusakan.

YesDok Ads

Untuk daerah muskuloskeletal

Setelah melahirkan, seorang ibu mengalami rasa sakit di korset panggul dan punggung. Penyebab rasa sakit ini adalah kepala yang terus-menerus menekuk dan bahu yang membulat saat menggendong atau menyusui bayi yang baru lahir. Latihan yang sesuai dan dukunhan fisioterapi dapat membantu seorang ibu untuk menghilangkan rasa sakit ini. 

Disfungsi kandung kemih

Masalah ini adalah kontraksi dan pelebaran di otot-otot panggul yang menyebabkan buang air kecil atau ekskresi. Karena otot-otot ini juga bertanggung jawab untuk membawa rahim, pecahnya atau deformitasnya dapat menyebabkan rasa sakit dan disfungsi yang parah. Disfungsi seperti itu dapat dengan mudah diperbaiki dengan bantuan fisioterapi.

Rutinitas olahraga pasca melahirkan 

Sangat penting untuk mengembalikan tubuh ke keadaan tidak hamil normal setelah melahirkan. Agar bugar dan menjalankan tugas ibu lebih baik, ibu baru diharuskan untuk merencanakan latihan dan meditasi rutin mereka. Program fisioterapi dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda dengan sukses dengan memberikan kekuatan fisik pada tubuh pascamelahirkan.

YesDok Ads