Pentingnya Bersihkan Ponsel dengan Benar

March 10, 2020 | Iman

Membersihkan layar handphone

Virus corona menjadi isu terhangat selama beberapa pekan ini. Setiap individu penting menjaga kesehatan dan perlindungan diri agar terhindar dari beragam bakteri yang mungkin muncul. Namun pernahkan Anda khawatir terhadap apa yang paling dekat dengan diri kita yakni telepon genggam (ponsel)?

Menurut ahli Antimikroba di Pusat Medis Wexner, Universitas Negeri Ohio, Debra Goff, manusia mungkin menyentuh ratusan kali ponsel mereka setiap hari. Oleh karena penting mengedukasi perlindungan agar terhindar dari ancaman bakteri maupun virus.

Bagaimana Kuman Berada di Ponsel Anda?

Bahkan sebelum wabah COVID-19 viral dibicarakan, ponsel boleh jadi merupakan alat sehari-hari yang paling sangat kotor. Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Germs mengamati 27 ponsel yang dimiliki oleh remaja, lalu menemukan kontaminasi bakteri pada milik mereka semua.

Permukaan ponsel rentan menjadi sarang virus. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), virus corona dapat bertahan di permukaan selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Virus mematikan itu mendapat perhatian penting mengingat dapat menularkan pada indiviu lain lewat interaksi langsung. Bahkan jika tidak ramai akan vrus ini, ponsel tetap harus dibersihkan mengingat dapat menjadi penyebab flu.

Virus influenza dapat bertahan lama di sebuah permukaan yang buruk. Sebuah studi tahun 2017 di The Journal of Hospital Infection menemukan bahwa virus flu aktif dapat berada di permukaan hingga dua minggu, bahkan lebih.

Hingga saat ini virus corona masih terus diselidiki, sehingga CDC belum menentukan berapa lama ia dapat bertahan di permukaan. Namun, WHO mengatakan bahwa itu mungkin aktif selama berjam-jam, bahkan berhari-hari. Itu sebabnya CDC merekomendasikan pembersihan dan disinfektan rutin area yang diindikasi menjadi sarang kuman. Tujuannya adalah untuk mencegah agar virus tidak sampai ke tangan Anda, dan kemudian masuk ke sistem tubuh Anda ketika menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda.

Cara Membersihkan Ponsel yang Tepat

YesDok Ads

Perlu diingat bahwa beberapa disinfektan rumah tangga seperti pemutih baju tidak diperkenankan digunakan pada ponsel Anda. Berikut adalah yang sebaknya dilakukan untuk menghindari bakteri.

1. Matikan dulu sebelum membersihkannya, lalu cabut pengisi daya atau baterai saran Goff.

2. Pilih kain mikrofiber karena memiliki banyak serat daripada jenis kain lainnya. Kandungan serat tersebut mampu mengambil lebih banyak partikel mikro termasuk bakteri virus.

3. Gunakan cairan yang mengandung alkohol. Namun jangan menyemprotkan langsung pada ponsel Anda, gunakan sedikit dan semprotkan pada kain mikrofiber terlebih dahulu.

4. Hindari menggunakan produk dengan bahan-bahan yang akan mempengaruhi lapisan layar ponsel Anda. Ini termasuk produk abrasif pembersih jendela, cuka, dan hidrogen peroksida.

5. Setelah semua dilakukan, segera cuci tangan Anda. Lalu jaga keberadaan ponsel untuk tidak meletakkannya sembarangan di tempat yang mudah terjangkit bakteri.

(Foto: simplemost)

YesDok Ads