0 Point
anak-anak bermain

Pentingnya Bermain Di Luar Rumah Untuk Kesehatan Anak

Banyak orang tua yang melarang anaknya untuk bermain diluar rumah. Alasannya adalah khawatir jika si kecil terpapar berbagai penyakit apalagi di saat pandemi seperti ini. Hal ini memang wajar dilakukan untuk melindungi kesehatan si kecil. Meski begitu, anak-anak tetaplah makhluk kecil yang senang bermain dan mengeksplorasi sehingga butuh untuk bermain diluar rumah bukan hanya dalam ruangan saja.

Tidak perlu sering, tapi sesekali ajaklah si kecil untuk menghirup udara segar misalnya di taman dekat rumah dengan menetapkan protokol kesehatan cukup selama 30 menit. Karena bermain diluar rumah sangat penting untuk anak-anak. Hal ini juga dapat menghindari anak-anak kecanduan bermain gadget. Serta dapat mengusir rasa penat atau bosan dan menurunkan tingkat stres pada anak.

Banyak bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa anak-anak yang kurang melakukan aktivitas di alam adalah kabar buruk bagi kesehatan dan kebahagiaan anak-anak. Bermain diluar ruangan juga dapat meningkatkan kebugaran, kewaspadaan dan kesehatan anak. Berikut manfaat anak bermain diluar rumah yang wajib orang tua ketahui:

Meningkatkan kemampuan sosialisasi

Jangan sampai si kecil kehilangan masa anak-anaknya dan menghabiskan waktunya dengan terkungkung dalam rumah. Hal ini dapat membuat pribadi yang tertutup dan cenderung akan membuatnya sulit untuk berinteraksi dengan orang lain. Bermain diluar rumah dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Meningkatkan fokus

Sebuah penelitian menunjukkan suasana hijau di luar ruangan dapat mengurangi gejala ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder pada anak. ADHD merupakan gangguan menta yang menyebabkan anak sulit untuk fokus atau memusatkan perhatian. Bermain diluar rumah dapat membantu anak-anak mencari hal baru dan lebih mampu mengarahkan diri.

Memberikan asupan vitamin D

Paparan sinar matahari tidak selamanya buruk. Anak-anak yang terkena terik matahari dapat memperoleh asupan vitamin D yang menyehatkan. Apalagi vitamin D ini dapat mencegah masalah tulang, diabetes dan jantung.

Mengurangi risiko obesitas

Anak-anak yang melakukan aktivitas fisik di luar ruangan akan lebih aktif bergerak dan bebas. Sehingga dapat menghindari terjadinya risiko obesitas pada anak.

(Foto: active for live)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok