0 Point
Makanan ibu hamil

Pentingnya Asupan yang Tepat Selama Kehamilan

Masa kehamilan termasuk dalam periode 1000 hari pertama kehidupan. Periode ini disebut sebagai masa emas karena sangat penting bagi tumbuh kembang anak. 

Tidak optimalnya perkembangan janin pada masa ini dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan kecerdasan anak di masa mendatang. Pengetahuan ibu hamil terkait menyusui juga tak kalah penting karena anak akan mulai menerima ASI.

Pemenuhan kebutuhan ibu hamil dapat diperoleh dengan menerapkan pola makan bergizi seimbang. Pedoman gizi seimbang ini dikemas dalam kampanye “Isi Piringku” yang menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yaitu 1/3 piring berisi makanan pokok, 1/3 piring berisi sayur-sayuran, 1/6 piring berisi buah-buahan, dan 1/6 piring berisi lauk-pauk.

Ahli Gizi RSUI, Dwi Linda Blitariani Rengen, S. Gz menyampaikan Saat hamil, kebutuhan gizi ibu hamil memang meningkat, namun bukan berarti kebutuhannya menjadi dua kali lipat.

Pada trimester 1, kebutuhan energi bagi ibu hamil bertambah sekitar 180 kkal dan protein bertambah sekitar 17 gram. Kebutuhan ini bisa diperoleh misalnya dengan mengonsumsi tambahan selingan berupa biskuit 1 keping, telur ayam rebus 1 butir, dan susu sebanyak 100 ml. Kemudian di trimester 2, kebutuhan energi bagi ibu hamil bertambah sekitar 300 kkal dan protein bertambah sekitar 20 gram. 

“Kebutuhan ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi 1 mangkuk bubur kacang hijau dan telur ayam rebus 1 butir,” ucap Dwi.

Pada trimester awal ibu hamil seringkali mengalami mual dan muntah, sehingga perlu pengaturan makan supaya kebutuhan gizinya tetap terpenuhi.

“Ibu dapat mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun frekuensi sering, selain itu ibu hamil juga bisa mengonsumsi permen jahe, kandungan gingerolnya dapat berinteraksi dengan sistem saraf pusat dan perut untuk memperbaiki gejala mual,” tambah Dwi.

(Foto: mommabe)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok