Pengobatan Sederhana Untuk Membantu Meredakan Rasa Kecemasan

April 22, 2020 | Kaifia

Seorang pemuda menulis

Banyak orang mengalami stres kronik dan rasa kecemasan. Merasa cemas adalah hal yang normal dalam hidup. Itu artinya Anda sadar akan bahaya dan memotivasi Anda untuk tetap teratur. Tetapi, ketika Anda hampir mengalami kecemasan setiap hari dan hal itu mengganggu aktivitas Anda, saatnya Anda menindaklanjutinya.

Pengobatan sederhana

Beberapa pengobatan sederhana ini dapat membantu Anda mengelola dan meredakan kecemasan dan stres kronik.

Meditasi

Meditasi mindfulness dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat Anda memberi perhatian penuh pada saat ini. Meditasi dikenal untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Penelitian dari John Hopkins menunjukkan 30 menit meditasi setiap hari dapat mengurangi beberapa gejala kecemasan dan bertindak sebagai antidepresan.

Aromaterapi

Menghirup uap aromaterapi dapat membantu meredakan stress dan rasa cemas. 

Minyak aromaterapi tersebut dapat dihirup langsung atau menggunakan diffuser. Penelitian telah menunjukkan bahwa aromaterapi:

  • Membantu pikiran Anda rileks

  • Membantu Anda tidur lebih mudah

    YesDok Ads

  • Meningkatkan mood

  • Mengurangi denyut jantung dan tekanan darah

Olahraga

Olahraga yang teratur sangat bagus untuk kesehatan fisik serta kesehatan mental Anda. Olahraga teratur juga berfungsi sebagai obat untuk mengurangi kecemasan bagi sebagian orang. Saat ini, cobalah berolahraga di dalam rumah seperti jalan-jalan mengelilingi ruangan, melakukan sit up dan push up atau Anda dapat naik turun tangga untuk mengencangkan otot dan tulang kaki Anda.

Menulis atau journaling

Journaling merupakan salah satu cara cara untuk mengekspresikan rasa kecemasan Anda dan dapat membuatnya terasa lebih mudah dikelola.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menulis jurnal dan bentuk tulisan lain dapat membantu orang mengatasi kecemasan dengan lebih baik.

Berhenti mengonsumsi kafein

Apabila Anda mengalami stres kronik atau rasa kecemasan yang tinggi, kafein bukanlah teman Anda. Kafein bertindak menjadi penyebab kegugupan dan kegelisahan. Penelitian telah menunjukkan kafein dapat menyebabkan atau memperburuk gangguan kecemasan.

(Foto: freepik/ajeab)

YesDok Ads