0 Point
Seorang wanita sedang batuk.

Pengobatan Rumahan Untuk Tenggorokan yang Terasa Menggelitik

Hampir semua orang telah mengalami sensasi gatal-gatal dan menggelitik pada tenggorokan. Kondisi ini dapat disertai dengan batuk kering.

Hal ini umumnya disebabkan oleh iritasi pada selaput lendir tenggorokan, esofagus, atau trakea.

Sensasi tenggorokan yang terasa menggelitik cenderung terkait dengan kondisi medis atau faktor lingkungan. Anda mungkin mengalami gejala tersebut karena adanya lendir berlebih di tenggorokan atau bahan iritan luar seperti asap.

Penyebab

Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini disebabkan oleh:

  • Tetesan post-nasal 
  • Radang dlm selaput lendir 
  • Sakit tenggorokan 
  • Peradangan pada organ laring atau kotak suara
  • Dehidrasi 
  • Asma

Lalu, gangguan pencernaan seperti GERD dan asam lambung juga dapat memicu batuk-batuk dan sensasi tenggorokan yang terasa menggelitik.

Pengobatan rumahan

Anda dapat melakukan pengobatan rumahan jika Anda memperhatikan gejala pada tenggorokan bukan dari kondisi kesehatan yang tidak serius dan merupakan faktor pemicu dari luar.

Untuk menenangkan gejala, Anda dapat melakukan:

Berkumurlah dengan air garam

Tambahkan tidak lebih dari ½ sendok teh garam ke dalam 240 ml air dan kumurlah. Lalu, keluarkan setelah Anda berkumur sebentar.

Beristirahat

Jangan memaksakan tubuh Anda jika tenggorokan yang menggelitik ini adalah akibat dari tubuh sedang melawan virus. Usahakan untuk tetap istirahat dan mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari.

Mengatasi GERD

GERD dapat diobati dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup, seperti tidur dengan posisi kepala terangkat dan mengubah pola makan yang sehat dan teratur.

Minum cairan bening

Cobalah air dan bahkan minuman hangat seperti teh herbal. Hindari minuman beralkohol dan berkafein karena ini dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat tenggorokan Anda kering.

(Foto: prevention.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok