Pengobatan Rumahan Untuk Meredakan Nyeri Dada

April 30, 2020 | Kaifia

Seorang wanita mengalami nyeri dada.

Banyak orang mengira ketika mereka mengalami sakit dada, mereka langsung mengira bahwa itu adalah serangan jantung. Padahal, banyak sekali penyebab potensial mengapa nyeri dada tersebut timbul. 

Pengobatan rumahan ini dimaksudkan untuk mengobati nyeri dada yang jarang terjadi karena masalah pencernaan, ketegangan otot  dan kecemasan.

Penyebab

Beberapa penyebab umum nyeri dada termasuk:

  • Serangan jantung

  • Angina pektoris

  • Maag atau asam lambung

  • Refluks asam

  • Ketegangan otot

  • Cedera pada otot

Apabila Anda merasa mengalami serangan jantung, segera mencari bantuan medis. 

Seseorang harus menerima perawatan medis darurat ketika:

  • Sakit jantung atau dada terasa kencang, meremas, atau berat

  • Seseorang mencurigai mereka mengalami serangan jantung

  • Sesak napas dialami bersamaan dengan nyeri dada

Pengobatan rumahan

YesDok Ads

Almond

Ketika sakit dada timbul setelah makan, Anda mungkin mengalami refluks asam. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan nyeri dada yang hebat. Banyak orang mengklaim bahwa makan segenggam almond atau minum susu almond ketika mulas meredakan gejala.

Belum ada bukti secara alamiah sepenuhnya untuk mendukung klaim tersebut, Sebaliknya, sebagian besar bukti bersifat anekdotal dengan orang-orang meneruskan pengetahuan atau pengalaman mereka kepada orang lain.

Penting untuk diketahui bahwa almond mengandung kadar lemak yang tinggi, yang dimana menyebabkan refluks asam dan juga penyakit asam lambung. Bagi beberapa orang, almond dapat memicu penyakit lambung.

Minum minuman yang hangat

Gas adalah penyebab utama nyeri dada. minuman panas atau hangat dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan Anda dan mengurangi gas atau kembung. Teh hibiscus (teh kembang sepatu) mendukung pencernaan dan kesehatan jantung.

Bawang putih

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi kerentanan terkena penyakit jantung dan mengurangi penumpukan plak di arteri.

Aspirin

Anda mungkin ingin minum aspirin jika mengalami nyeri dada. Aspirin dapat membantu meringankan rasa sakit jantung yang terkait dengan kasus yang tidak terlalu parah.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aspirin dosis rendah secara konsisten dapat membantu mencegah serangan jantung. 

Walaupun begitu, aspirin tetap menjadi kontroversial karena meningkatnya risiko perdarahan.

Berbaring 

Ketika nyeri dada menyerang, Anda langsung berbaring dengan kepala terangkat di atas tubuh. Posisi yang sedikit tegak membantu mereda ketika rasa sakit disebabkan oleh refluks.

(Foto: freepik/feelinglucky)

YesDok Ads