Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis

July 26, 2021 | Kaifia

Seorang wanita sedang menangis

Produksi air mata merupakan cara proses yang praktis untuk membantu menjaga mata tetap nyaman dan lembap serta dapat membersihkan debu dan kotoran.

Jenis tangisan akibat kondisi secara emosional bisa menimbulkan mata yang terlihat bengkak dan memerah yang bisa memengaruhi tampilan wajah.

Anda dapat mencoba pengobatan di rumah yang secara efektif mengatasi mata bengkak dan memerah setelah Anda alami sesi menangis.

Pengobatan rumahan

Gunakan kompres dingin

Kompres dingin bisa membantu mengurangi pembengkakan. Anda cukup mengambil kain lap bersih dan basahi dengan air dingin. Duduk di tempat tidur atau kursi yang nyaman. Lalu, setelah itu oleskan ke kulit sekitar mata Anda setelah beberapa menit secara lembut selama 5-10 menit.

Gunakan kantong teh

Bahan utama dari kantong teh ini yaitu kafein dan tanin alami. Tanin bekerja sebagai zat yang berarti dapat menyempitkan jaringan tubuh. Kafein dapat menghembus penghalang kulit, memiliki sifat antioksidan yang kuat serta meningkatkan sirkulasi darah di kulit. 

YesDok Ads

Sebagian besar  jenis teh hitam mengandung kafein dan terdapat bukti bahwa teh hitam bisa membantu meredakan bengkak serta meningkatkan sirkulasi darah. Letakkan kantong teh di mata Anda selama 15 hingga 30 menit.

Terapkan mentimun

Metode ini termasuk metode terpopuler dalam mengatasi mata bengkak. Akibat kandungan airnya yang tinggi, mentimun menghidrasi kulit dan mengurangi pembengkakan.

Selain manfaatnya yang dapat meredakan pembengkakan pada area mata, mentimun juga mampu mengurangi lingkaran hitam tepat dibawah mata.

Terapkan krim wajah

Berbagai krim wajah dan mata bisa membantu mengatasi pembengkakan mata, mendinginkan area mata serta mengencangkan dinding pembuluh darah.

Krim memiliki beberapa kandungan seperti dibawah ini:

  • Vitamin C
  • Retinol
  • Fenilefrin
  • Asam hialuronat  
YesDok Ads