Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasi Luka Bakar Ringan

July 13, 2021 | Kaifia

Aloe vera.

Luka bakar pada jari memiliki tingkat keparahan dari tingkat pertama hingga ketiga serta ketiganya membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.

Banyak luka bakar jari yang bisa Anda lakukan secara pengobatan rumahan namun terdapat beberapa kasus lainnya yang memerlukan perawatan medis.

Luka bakar tingkat pertama dianggap paling ringan karena hanya memengaruhi lapisan kulit luar dan biasanya hanya menyebabkan nyeri ringan, kemerahan dan bengkak. 

Luka bakar tingkat kedua berpengaruh pada lapisan kulit yang lebih dalam sehingga membuat kulit menjadi melepuh, basah dan berkilau sedangkan luka bakar ketiga menyebabkan kerusakan pada semua lapisan kulit dan tingkat luka bakar terakhir telah melibatkan tulang dan sendi.

Luka bakar ketiga dan keempat perlu perawatan medis secara intensif dan harus dirawat di rumah sakit.

Pengobatan rumahan untuk luka bakar ringan

Luka bakar ringan umumnya membutuhkan waktu sekitar seminggu atau dua minggu untuk sembuh secara total. Tujuan pengobatan luka bakar yaitu untuk mengurangi rasa nyeri parah dan mencegah infeksi.

Air dingin

Alirkan air dingin diatas luka bakar selama kira-kira 20 menit. Kemudian cuci area terbakar dengan sabun lembut dan air.

Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin yang diposisikan diatas luka bakar bisa membantu meredakan rasa sakit dan pembengkakan.

Letakkan kompres tersebut dalam 5-15 menit dan hindari penggunaan kompres dingin yang berlebihan.

Aloe vera

Sebuah studi menunjukkan bahwa lidah buaya efektif dalam menyembuhkan luka bakar tingkat pertama hingga tingkat kedua.

Lidah buaya ini mengandung sifat anti-inflamasi yang bisa meningkatkan sirkulasi dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Madu

Selain rasanya yang manis, madu juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan luka bakar ringan saat dioleskan. 

Penting untuk mengetahui kapan luka bakar bisa dirawat di rumah dan kapan memerlukan perawatan medis. Apabila luka bakar tersebut tersebar ke area yang luas dengan diameter lebih dari 3 inci dan melibatkan bagian wajah, tangan dan area selangkangan, Anda perlu segera periksa ke dokter.

(Sumber foto: prevention.com)

YesDok Ads