Pengobatan Rumahan untuk Menangani Kulit yang Melepuh

November 17, 2021 | Kaifia

Lidah buaya

Kulit melepuh adalah kondisi munculnya gelembung kecil berisi cairan yang bisa terbentuk di lapisan luar kulit Anda. Mereka membutuhkan beberapa waktu untuk sembuh dengan cara sendirinya namun ada beberapa langkah pengobatan rumahan yang bisa Anda terapkan untuk mempercepat penyembuhan kulit yang melepuh.

Kebanyakan kondisi ini disebabkan oleh hasil dari gesekan. Mereka terbentuk ketika sesuatu yang bergesekan dengan kulit Anda. Kemungkinan penyebabnya antara lain

  • Luka bakar
  • Eksim
  • Reaksi alergi
  • Frostbite atau radang dingin
  • Terbakar sinar matahari

Pengobatan rumahan

Aloe vera

Jika Anda mengalami lepuh akibat luka bakar ringan, mengoleskan gel lidah buaya dapat bisa membantu mengurangi rasa sakit.

Anda bisa menyimpannya di lemari es karena suhu dingin dapat membantu menarik panas dari kulit. 

Minyak pohon teh

YesDok Ads

Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan risiko infeksi serta mempercepat penyembuhan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan efek antibakteri yang kuat oleh minyak pohon teh.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat, sejenis asam lemak yang dapat menghidrasi kulit dan meredakan peradangan pada kulit. 

Minyak kelapa juga bisa meningkatkan perbaikan jaringan dan penyembuhan luka. 

Teh hijau

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat pada ekstrak teh hijau yang dicampurkan ke dalam salep bisa mengurangi rasa sakit luka dan mempromosikan penyembuhan yang lebih cepat. 

YesDok Ads